Lantik 206 Penjabat Kepala Desa, Ini Pesan Bupati Haryanto

0
36
Saat pelantikan 206 pejabat kepala desa.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 206 penjabat kepala desa dilantik Bupati Pati, Haryanto secara tatap muka dan secara daring di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (30/04/2021).

Dari ratusan penjabat tersebut yakni 4 penjabat kepala desa yang gagal menyelenggarakan pilkades serentak dan sisanya merupakan penjabat kepala desa untuk mengganti kepala desa lama terpilih yang habis masa jabatannya, 28-29 April.

Dalam sambutannya, Bupati Haryanto menyampaikan sejumlah pesan untuk penjabat kepala desa yang telah dilantik, terutama soal penanganan pandemi Covid-19 di desa masing-masing selama Bulan Ramadhan dan jelang lebaran.

Sebelum itu, Haryanto menyorot klaster baru penyebaran covid-19 dibeberapa daerah. Ia mencontohkan klaster baru selama bulan Ramadhan ini yakni klaster buka bersama di Jakarta, klaster shalat tarawih dari Banyumas dan klaster pemudik di Kabupaten Pati sendiri beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu harus dipantau terus. Sesuai dengan langkah antisipasi yang kita ambil yang terlanjur mudik harus di tes swab, yang positif isolasi di rumah sakit, yang pemudik trawih dan shalat idul fitri dirumah saja, ” terangnya.

Terkait penanganan tersebut, Ia meminta penjabat kepala desa untuk berkoordinasi dengan puskesmas, Polres, Satpol pp, Babinsa, Bhabinkamtibmas dll.

Selain penanganan covid-19, Haryanto juga berpesan agar penjabat memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat selama menjabat kepala desa di daerah masing-masing.

“Untuk semua penjabat harus bisa melayani masyarakat dengan baik. Pelayanan kepada masyarakat terkait kebutuhan mereka jangan sampai ditunda-tunda. Jangan memanfaatkan jabatan untuk hal-hal yang lain,” pesannya.

Pejabat pemerintah, kata dia harus bisa menjadi teladan yang baik dan menjaga kepercayaan masyarakat, setidaknya mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab hingga purna jabatan.

Lanjutnya, Ia menambahkan penjabat kepala desa untuk memastikan wilayah yang dijabatnya dalam kondisi aman dan tentram.

“Ciptakan kondisi yang aman dan damai didesa,” tegasnya.

Menutup sambutannya, Bupati Pati sekali lagi mengucapkan selamat kepada seluruh penjabat kepala desa yang resmi dilantik.