Gedung Server Diskominfo, Indriyanto: Bagian Media Center Belum Berfungsi

0
23
Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto saat ditemui awak media Samin News.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto mengatakan pembangunan gedung server terpadu baru sudah berfungsi. Gedung yang terdiri dari dua lantai ini digunakan ruang server pengelolaan jaringan, ruang literasi serta media center.

Indriyanto menjelaskan gedung baru itu pada lantai atas (kedua) khusus untuk ruang server yang operasionalnya kini sudah berfungsi. Pada lantai pertama (bawah) ada dua ruang yaitu ruang literasi. Dan kini sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

“Namun yang media center belum berfungsi, karena terkendala peralatan komputer, sebab yang kemarin kena refocusing anggaran,” ujar Indriyanto kepada Samin News Sabtu (29/5/2021).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pada tahun anggaran 2021 ini, masih memprioritaskan pada penanganan Covid-19. Anggaran ditempatkan pada belanja daerah untuk program vaksinasi. Sasaran vaksin ini mulai tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda depan penanganan medis.

Kemudian, vaksinasi ditujukan kepada para pelayan publik. Pasalnya, mereka secara intens berinteraksi dengan banyak orang. Kemudian, vaksinasi menyasar para lansia yang menjadi kelompok rentan terhadap penularan Covid-19. Dan juga para tenaga pendidikan.

Kendala pengadaan barang alat komputer ini, pihaknya mengaku tidak bisa berbuat lebih. Sebab, anggaran pemerintah dari belanja daerah sudah diplot pada semua bidang beserta penggunanya. Oleh karena itu, jika di APBD murni tidak ada pos anggaran pengadaan barang, maka dimungkinkan pada APBD perubahan.

“Hal ini tergantung anggarannya, kalau (disetujui) ya segera realisasi di perubahan anggaran tahun 2021 ini. Dan atau di APBD tahun 2022 di ACC ya bisa pengadaan barang yang dibutuhkan,” paparnya.

Adapun ruang server terpadu ini yaitu sebagai mruang server pusat pengolahan elektronik untuk melayani kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD). Dengan maksud menerapkan birokrasi pemerintahan yang canggih berdasarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).