Warung Ramadan Gratis Hanya Bisa Menyedikan 1200 Paket Untuk Berbuka

0
108
Bagian menyiapkan minuman es kelapa muda, ikut serta di antaranya Koordinator Gusdurian Pati, Kiai H Happy Irianto (atas).(Foto:SN/dok-nyo)
Perempuan relawan lintas agama dari Juwana didatangkan untuk mengekemas dan mempersiapkan masakan Warung Gratis Ramadan Gusdurian serta Kelenteng Hok Tik Bio Pati (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedianya untuk Warung Gratis Ramadan yang diselenggaran Kelompok Gusdurian dan Kelenteng Hok Tik Bio Pati, hendsk menyediakan 1.500 paket makanan maupun minuman untuk berbuka, Minggu (25/4/2021) sore tadi. Namun apa daya, sampai batas waktu sekitar pukul 16.00 hanya mampu menyediakan 1.200 paket.

Untuk keperluan tersebut, harus mendatangkan personel dapur lapangan dari Kompi Brimob Pati, untuk menanak nasi dan menu lauk pauknya. Yakni, selain rica-rica ayam juga oseng-oseng kacang , dan olahan mie.

Mengingat menu tidak dihidangkan di tempat karena menghindari terjadinya keremunan warga yang datang, maka sebagai gantinya akan diubah sebagai hantaran oleh para relawan. Akan tetapi, pertimbangan waktu yang sudah sore maka akhirnya penyempaiannya dilakukan dengan membaginya di tempat.

Maksudnya, papar beberapa relawan, hal itu dilakukan di dua lokasi, masing-masing kawasan Alun-alun Simpanglima dan depan Kelenteng Hok Tik Bio, di Jalan MH Thamrin. ”Di lokasi yang disebut terakhir selain Pak Eddy Suswanto juga bersama  Dandim 0718 Pati, Pak Letkol CZI Adhi Ilham Zamani, dan Waka Polres, Pak Kompol  Sumiarta SH MM,” ujar salah seorang di antara mereka, Nyonyo.

Kemasan paket makanan untuk berbuka dari Warung Gratis Ramadan (atas) dan Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto bersama Relawan Lintas Agama dari Juwana (bawah) (Foto:SN/aed)

Karena semua menu harus dikemas seperti lauk rica-rica, dan juga minuman es kelapa muda, lanjut dia, hal tersebut memang menyita banyak waktu. Akan tetapi dengan dukungan para relawan, termasuk ibu-ibu relawan Lintas Agama dari Juwana, dan ibu-ibu Bhayangkari dari Kompi Brimob Pati, saat tiba waktunya harus dibagian akhirnya semua siap.

Untuk membaginya di kawasan Alun-alun Simpanglima Pati, dukungan angkutan dan personel selain datang dari Koramil 01 Pati langsung dipimpin Danramil Kapten Inf Suyani juga dari Polsek Kota Pati, di bawah Kapolsek Iptu Aris Pristianto SH MH. ”Dari Kompi Brimob, ikut terjun langsung adalah Danki Pak Iptu Bambang Budi Leksono SH.”

Semua personel yang terlibat dalam Warung Gratis Ramadan ini melakukan persiapan untuk berangkat ke lokasi pembagian menu berbuka puasa ke Alun-alun Simpanglima.(Foto:SN/aed)

Kompaknya para relawan bersama jajaran TNI/Polri, maka tepat beberapa saat menjelang datangnya waktu berbuka menu Warung Murah Ramadan pun habis terbagi kepada warga yang melintas di kawasan Alun-alun Simpangliuma. Di kawasan ini, Koordinator Gusdurian Kiai Happy Irianto juga ikut serta bersama para relawan lainnya.

Selesai dari Alun-alun Simpanglima, pihaknya bersama yang bersangkutan juga mengantar menu makanan untuk berbuka puasa di Pondok Pesantren Al-Istianah Plangitan, Kecamatan Pati. ”Ponpes ini dahulu didirikan oleh almarhum, Yi Nur Rochmad yang juga dari Polri,” imbuhnya.