Pilkades di Jaken Berlangsung Lancar Juga Ada Calon yang Mendapat Dua Suara

0
176
Camat Jaken, H Supat. (Foto:SN/dok-sup)
Salah satu calon Kepala Desa (Kades) Trikoyo, Kecamatan Jaken terpilih, Dasar Wibowo, di kerumuni ratusan pendukungnya.(Foto:SN/dok/sar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebenarnya Kecamatan Jaken menjadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di wilayahnya sebanyak 15 desa. Akan tetapi, satu desa lainnya batal karena satu dari dua bakal calon, di desa Kebonturi mengundurkan diri, dan sesuai Perbup No 88 Tahun 2020, untuk calon tunggal memang tidak diperbolehkan.

Kendati demikian, papar Camat Jaken, H Supat saat berlangsung pemilihan di 14 desa Sabtu Legi (10 April) 2021, semua berjalan aman tertib dan lancar, kendati ada dua calon yang hanya memperoleh dua suara. ”Karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang di desanya menyelenggarakan pilkades, dan juga kepada suluruh warga di Kecamatan Jaken yang sudah menciptakan suasana kondusif,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, dari hasil pemungutan dan penghitungan perolehan suara para calon bisa disajikan, serta diketahui siapa calon yang terpilih. Masing-masing, untuk  Desa Manjang calon terpilih adalah Sunyarto dengan perolehan (646 suara) dan pesaingnya Sumari meraih (625 suara), Desa Boto sebagai calon terpilih, yaitu Jebol Lukito meraih (548 suara), Subagyo (512 suara), dan Elin Herlina hanya mendapat (2 suara).

Berikutnya Desa Mojolampir, untuk calon terpilih adalah Sukat yang memperoleh (908 suara), dan Suyatmi (67 suara), Desa Arumanis untuk calon terpilih, yaitu Sumarjiono (1.141 suara) dan pesaingnya Susanto mendapat (812 suara). Sedangkan Desa Lundo, sebagai calon terpilih Denny Agus Cahyana memperoleh (504 suara) dan pesaingnya Sri Endang Lestari (263 suara), Suroso (277 suara), dan Hartini hanya (2 suara).

Suasana pemilihan Kepala Desa (Kades) Trikoyo, Kecamatan Jaken, di mana para pemilih mengikuti dengan cermat penghitungan suara.(Foto:SN/dok-sar)

Untuk Desa Sumberan sebagai calon terpilih, yaitu Arif Setya Efendi MPd dengan meraih (196 suara) dan Januri (175 suara), Desa Sidomukti sebagai calon terpilih adalah Yusuf Efendi mendapat (909 suara) dan pesaingnya Aris Setyawan ( 38 suara). Berikutnya Desa Sukorukun dengan calon terpilih Sukarjan (1.017 suara) dan pesaingnya Suselo (870 suara).

Selebihnya Desa Sriwedari, sebagai calon terpilih adalah Harto yang meraih (1.867 suara), pesaingnya Sumiati dan Tri Rudi Hartanto masing-masing memperoleh (43 suara) dan (730 suara). Berikutya Desa Trikoyo, sebagai calon terpilih tak lain Dasar Wibowo yang meraih (828) suara dan pesaingnya Tarmijan (646 suara) atau terpaut (182 suara).

Selain itu adalah Desa Ronggo dengan calon terpilih Sutrisno meraih (1.569 suara) dan pesaingnya Suprapto meraih (1.237 suara) serta Jarmin (782 suara), Desa Sumberarum untuk calon terpilih Much Mahfud (602 suara) dan Purwatiningsih (587 suara). Sedangkan Desa Sumberagung sebagai calon terpilih adalah Sukawi dengan perolehan  (1.364 suara) dan Alik Istiqomah (43 suara), serta Desa Tegalarum sebagai calon terpilih Suryono dengan memperoleh suara (1.497 suara) dan pesaingnya Afiet Dimas Enggardi (73 suara).