Mudik Kreatif Adalah Solusi Bangsa Indonesia

0
18

SEPERTI kita ketahui, mudik merupakan sebuah bagian yang hakiki yang melekat dalam kebudayaan bangsa Indonesia. Selain itu, bangsa kita juga begitu lekat dengan tingkat kreativitas yang begitu tinggi dalam berbagai hal.

Maka wajar rasanya jika saat larangan mudik begitu digelorakan secara terus-menerus, tingkat kreativitas bangsa Indonesia pun ikut berkembang demi memenfaatkan celah-celah dan menyulap larangan mudik menjadi sebuah berkah.

Terutama para pengusaha rental mobil formal mau pun informal langsung menawarkan jasa-jasa khusus mulai dari mengurus pembuatan surat ijin mudik, surat keterangan bebas Corona, sampai pelayanan perjalanan melalui jalan tikus yang bebas dari pengawasan polisi.

Para pengusaha bus pun tak mau kalah. Disaat seperti ini mereka tentu sedang sibuk mengkonversi larangan mudik dari bencana untuk menjadi sebuah berkah.

Ada pula pihak sibuk mempromosikan diri lewat medsos untuk dengan biaya tertentu siap mengeluarkan surat tugas kepada mereka yang ingin mudik karena menunaikan tugas kerja ternyata tidak dilarang pada masa mudik dilarang.

Tentu saja segenap biaya tambahan untuk mengurus urusan terkait mudik itu harus dibayar oleh konsumen yang tidak bisa tidak harus mudik. Bahkan ada pihak yang menjual jasa pembuatan surat keterangan sanak-keluarga pihak pemudik sakit keras atau bahkan meninggal dunia tergantung sang pemudik wani piro.

Selain itu, celah regulasi wisata yang diijinkan dan tidak dilarang tentu menjadi sebuah jalur yang kini disulap menjadi langkah taktis nan kreatif untuk dimanfaatkan oleh para pemudik untuk mudik tanpa ketahuan jika mudik.

Tentu saja pihak pemerintah tidak kalah kreatif dalam menciptakan sekaligus mengawal kebijakan melarang mudik maka terbukti cukup gesit dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan sosio-kultural masyarakat Indonesia yang telah menjadikan mudik bukan sekedar keinginan namun sudah menjadi kebutuhan primer kaliber antara hidup dan mati.

Namun tentu saja pihak pemudik dan segenap usaha yang diuntungkan oleh mudik tidak kalah kreatif dalam menciptakan reaksi sikap dan perilaku mencari solusi di antara celah-celah kebijakan pemerintah melarang mudik. Sehingga tampil suasana Tom and Jerry antara pemerintah versus pemudik.