Jelang Pilkades Polres Pati Musnahkan Ribuan Botol Miras

0
105
Saat pemusnahan ribuan botol miras yang dilaksakan oleh Polres Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 5.600 botol minuman keras (miras) berbagai merek dan jenis dari seluruh wilayah Kabupaten Pati dimusnahkan di halaman Stadion Joyokusumo, Jumat (9/4/2021) tadi pagi. Giat pemusnahan miras dipimpin oleh Kapolres Pati Arie, Prasetya Syafa’at.

Pemusnahan barang bukti miras dalam rangka cipta kondisi menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang I tahun 2021 Kabupaten Pati. Pemusnahan ini dilaksanakan tepat H-1 sebelum pemungutan suara berlangsung di masing-masing desa, Sabtu (10/4) besok.

“Sementara untuk miras yang dimusnahkan sebanyak 5.600 botol yang kita dapat dalam sebulan mulai Maret,” kata Arie kepada wartawan seusai pemusnahan miras.

Kapolres Pati, Arie Prasetya Syafa’at.

Giat pemusnahan miras ini merupakan upaya pihak keamanan dari Polres Pati dalam menjaga ketertiban serta kondusifitas pelaksanaan Pilkades. Adapun barang bukti tersebut diperoleh dari semua wilayah di Kabupaten Pati.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengapresiasi upaya Polres Pati dalam menjalankan tugasnya. Hal mana upaya pemusnahan miras ini adalah salah satu bentuk pengamanan Pilkades dari dampak negatif yang ditimbulkan.

“Setelah apel pergeseran pasukan keamanan Pilkades 215 desa, kemudian ditindak lanjuti dengan cipta kondisi pemusnahan miras dari operasi bulan Maret,” kata Haryanto.

Haryanto menyebut giat pemusnahan barang bukti miras merupakan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan Kapolres juga Kodim. Sekalipun pelaku secara sembunyi-sembunyi jualan.

“Kita harap sebelum dan pasca Pilkades itu biasanya ada euforia. Karena miras itu menjadi pemicu dan pemacu kerusuhan yang ada di desa. Sebab biasanya dampaknya itu mabuk juga berkelahi,” terangnya.

“Dan diantisipasi tentunya Pilkades berjalan aman, lancar, damai, tertib tidak ada persoalan,” pungkas Haryanto.