Jakenan-Jaken Tuntas Sebelum Lebaran

0
35
Pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken segmen II dengan pemadatan lapangan Asphal Concert Binder Course (AC-BS).(Foto:SN-dok-was)

SAMIN-NEWS.com, PATI  – Pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken dua segmen, dipastikan bisa tuntas sebelum Lebaran. Saat ini, untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah memasuki segmen II sepanjang 2.890 meter dengan lebar 6 meter.

Untuk jenis pekerjaannya adalah pemadatan lapangan ”Asphal Concret Binder Course” (AC-BC) di segmen II yang dimulai dari Balingtan. Lokasi tersebut masuk Desa Sidomukti dan Desa Lundo, Kecamatan Jaken, dan untuk segmen I mulai peremoatan Sleko-depan Kantor Kecamatan Jakenan sepanjang 935 meter, lebar 6 meter tinggal pengaspalan untuk lapisan aus.

Dengan demikian, papar salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan pemenang tender proyek tersebut, PT Larisa Jaya Konstruksi, pihaknya berani memastikan bahwa pelaksanaan benar-benar akan tuntas sebelum Lebaran. ”Karena itu, pelaksanaan pekerjaan tahap akhir nanti adalah tinggal penataan bahu jalan,”ujar pelaksana lapangan yang besangktan, Aris Wibowo.

Akan tetapi, lanjut dia, dalam kontrak pelaksanaan pekerjaan tersebut juga diikuti dengan pemaksimalan. Yakni, hal itu akan dimulai setelah pelaksanaan pekerjaan utama selesai, dan hari kalender pelaksanaannya juga masih cukup panjang karena baru akan berakhir 26 Juni 2021 mendatang.

Hanya saja sedikit kendala yang dihadapi di lapangan dalam melaksanakan pekerjaan pengaspalan di segmen II ini, adalah banyaknya pengguna jalan yang melintas baik dari Jakenan maupun Jaken. Karena itu pelaksanaan pekerjaan tersebut sengaja dimulai dari timur atau dari depan Balingtan bergerak ke barat.

Karena itu untuk penguna jalan yang berkendara rida empat dari barat, terpaksa dialihkan masuk lewat Desa Kebonturi, sehingga pengguna jalan tidak semua melintas di ruas jalan yang tengah berlangsung pekerjaan. ”Dari pengalihan arus dari barat masuk Desa Kebonturi, pengguna jalan akan keluar dari Desa Lundo menuju Jaken,”imbuhnya.