Diskominfo Diminta Kembangkan Jaringan Internet Masuk Desa

0
25
Kasie Pengelolaan Infrastruktur TIK dan Menara Telekomunikasi, Nono Harjono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menyebut DPRD setempat meminta penyebaran jaringan internet merata masuk ke desa. Artinya jaringan infrastruktur yang dibangun saat ini hanya melayani di kantor Kecamatan, dituntut untuk lebih daripada itu.

Ungkapan itu disampaikan oleh Kasi Pengelolaan Infrastruktur TIK dan Menara Telekomunikasi, Nono Harjono. Pihaknya menyebut DPRD meminta jaringan internet juga masuk ke desa ketika rapat bersama.

Namun demikian, ia menjelaskan mengapa infrastruktur jaringan internet belum mampu menjangkau semua desa lantaran terbentur dengan faktor jumlah.

“Pada awal prinsipnya kita tidak kesana adalah pertama banyak dan luas,” kata Nono beberapa hari lalu.

Akan tetapi pihaknya tidak menyangkal Internet masuk desa bisa direalisasikan. Menurutnya kalaupun diizinkan untuk hal itu polanya mungkin nanti dicoba dulu dan yang terdekat dengan jaringan yang dimiliki saat ini yaitu di kantor Kecamatan.

Lebih lanjut Ia menuturkan jaringan yang dimiliki Diskominfo terdekat adalah di kantor Kecamatan. Dan dimungkinkan tidak langsung disebarkan ke warga.

“Kalaupun bisa itu mungkin di tempat Bumdes. Sifatnya wifi publik disediakan terpusat. Pasalnya desa kan banyak kegiatan, pabila dibutuhkan internet ya di situ,” jelasnya.

Nono menyatakan uji coba pemasangan internet sudah dilakukan oleh Diskominfo yakni Desa Trangkil Kecamatan Trangkil. Uji coba pemasangan ini bakal dievaluasi apakah layak untuk dikembangkan ke desa-desa yang lain.

“Sebenarnya prinsipnya permohonan desa akan dilayani, tapi kita akan evaluasi bila peruntukannya dan penggunanya sudah tepat kita akan teruskan,” tandasnya.