Pangkalan Truk Muktiharjo; Manuver ke Pintu Keluar Sudutnya Terlalu Sempit

0
49
Akses jalan keluar truk baik kosong maupun membawa muatan dari dalam pangkalan truk di Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, untuk berbelok terlalu sempit.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dari sisi penyediaan lokasi pangkalan truk di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo,atau di depan Stadion Joyokusumo Pati dinilai kalangan sopir cukup representatif. Apalagi masyarakat yang membutuhkan jasa para sopir truk ini juga langsung mengetahui lokasi tersebut atau tidak sulit dicari karena kelihatan dari pinggir jalan raya Pati-Tlogowungu maupun Pati-Gembong.

Akan tetapi masih ada sedikit kendala, yaitu jika truk maupun dump truck baik bermuatan material bahan bangunan pasir maupun dalam kondisi kosong hendak keluar pangkalan menuju jalan raya. Sebab, pada sudut ujung jalan sisi barat akses ruas jalan dengan rigid beton itu kurang maksimal jika untuk manuver belok ke kanan.

Hal tersebut, papar beberapa sopir, dari pintu keluar pangkalan kendaraan harus mengarah ke kiri hanya beberapa meter lewat akses jalan yang membujur ke utara dan selatan. ”Kemudian kami harus belok kanan atau ke jalan pintu ke luar, sehingga truk yang dari pintu masuk secara bersamaan harus berhenti sejenak,” ujar salah seorang sopir, Martono (39), asal Margorejo, Pati.

Pintu keluar truk untuk menuju ke ujung depan pinggir jalan raya masih ditutup.(Foto:SN/aed)
Pintu keluar truk untuk menuju ke ujung depan pinggir jalan raya masih ditutup.(Foto:SN/aed)

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya,  maka pihak yang berkompaten saat ini untuk sementara menutp akses jalan itu, dan kabarnya akan dibenahi lagi. Sehingga jika hal itu sudah jadi, maka sopir akan masuk ke pangkalan menggunakan jalan masuk dan tidak bersimpangan dengan truk yang hendak keluar dari pangkalan, tapi lewat jalan masuk.

Hanya saja, dari fasilitas yang disediakan seperti tempat menuggu sopir juga tersedia sehingga bagi yang muatan meterialnya belum laku bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. ”Akan tetapi kami lebih senang menunggu di tenda yang disediakan, karena tiap hari juga ada penjual jajanan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah ketika Teguh Widyatmoko AP MSi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati pernah menyampaikan, bahwa kondisi akses jalan tersebut memang akan dibenahi.  ”Sebab, sopir dari pangkalan hendak keluar menuju jalan raya memang mnghadapi kendala tersebut.” tandasnya.