Kecamatan Margorejo Selesai Penetapan Calon Kades

0
63
Camat Margorejo Luky Pratugas Narimo saat menghadiri penetapan calon kades Desa Langse, Rabu (17/3) kemarin.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah sehari sebelumnya Desa Langse menetapkan calon kepala desa, kini Desa Badegan juga melaksanakan hal serupa penetapan dari bakal calon menjadi calon kades di Aula Balaidesa setempat, Kamis (18/3/2021).

Camat Margorejo, Luky Pratugas Narimo mengatakan seusai penetapan calon kades di Desa Langse, masih ada dua desa dari 10 desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 10 April. Yakni Desa Wangunrejo dan Badegan.

“Penetapan calon kades Desa Wangunrejo dilaksanakan Rabu (17/3) malam dan berikutnya Kamis (18/3) hari ini Desa Badegan,” kata Luky kepada Samin News Rabu (17/3) kemarin.

Saat itu, pihaknya menyebut bahwa penetapan di Desa Badegan masih dalam proses klarifikasi dokumen yang belum rampung. Sehingga, hal itu harus diselesaikan terlebih dahulu bagi balon untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni penetapan calon kades.

Terkait dengan tahapan Pilkades, maka selanjutnya proses penetapan berlangsung dari tanggal 8 Maret 2021 sampai tanggal 1 April 2021 selesai tergantung dari masing-masing pemerintah desa. Kemudian, calon tersebut diperkenankan untuk melakukan kampanye.

Akan tetapi, jadwal kampanye ini terbilang cukup pendek. Pasalnya, pemerintah menjadwalkan hanya empat hari, mulai tanggal 3 s/d 6 April. Oleh karena itu, bagi para calon harus benar-benar memanfaatkan waktu tersebut dalam proses kampanye meyakinkan para warganya.

Sedangkan tahap selanjutnya yaitu masa tenang. Adapun jadwalnya selama tiga hari berturut-turut, dari 7 hingga 9 April. Dan keesokan harinya, proses pemungutan suara.