Dua Paket Pekerjaan DAK Peningkatan Ruas Jalan Sudah Penandatanganan Kontrak

0
100
Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo (tiga dari kiri).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dua paket peningkatan ruas jalan yang sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021, kini rekanan pemenang tender selesai melakukan penandatanganan kontrak dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Dengan demikian, dalam waktu secepatnya paket pekerjaan itu sudah bisa dilaksanakan.

Paling tidak dalam pekan ini, papar Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, pihak rekanan sudah ditunggu timnya untuk melaksanakan persiapan di lapangan. Di antaranya adalah pengukuran berapa panjang ruas jalan Jakenan-Jaken yang harus dikerjakan.

Dalam pelaksanaan tersebut, sudah pasti ada bagian beberapa ruas jalan sesuai konstruksi perencanaan ada yag harus di-rigid beton. ”Dengan demikian, peninjauan dan persiapan di lapangan harus dilakukan, agar pihak rekanan yang bersangkutan, yaitu PT Larisa Jaya Konstruksi, tahap berikutnya sudah benar-benar siap melaksanakan pekerjaan tersebut,” ujarnya.

Menyangkut berapa nilai kontrak untuk paket pekerjaan itu, lanjut dia, ruas jalan Jakenan-Jaken yang biayanya bersumber dari DAK Tahun 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp 7,8 miliar. Jatuh ke rekanan yang bersangkutan dengan penawaran Rp 5,5 miliar, karena rekanan itu juga memenangkan tender paket pekerjaan lainnya.

Sedangkan paket pekerjaan dimaksud, yaitu peningkatan ruas jalan Winong-Pucakwangi yang biayanya juga bersumber dari DAK Tahun 2021 dengan pagu anggaran Rp 7,15 miliar. Oleh rekanan PT Larisa Jaya Konstruksi ditawar Rp 5,185 miliar, sehingga kontrak paket pekerjaan tersebut dengan rekananan yang bersangkutan juga sudah tuntas.

Dengan mengantongi surat perintah kerja (SPK), maka rekanan yang bersangkutan diharapkan bisa melakukan persiapan pelaksanaan pekerjaan di lapangan sesuai perencanaan. ”Sebab, ini adalah paket pekerjaan yang awal pertama selesai ditenderkan, meskipun waktu kalender pelaksanaannya dimulai awal Maret, jika lebih cepat selesai juga lebih baik,” imbuh Hasto Utomo.