Tanggul Parapet di Alur Kali Simo Masih Memunculkan Rembesan Air ke Jalan Raya

0
69
Rembesan air dari alur Kali Simo, di pinggir jalan raya Pati Juwana masih terjadi meskipun sudah dipasang tanggul parapet atau pasangan tegak.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Luapan air di alur Kali Simo di pinggir jalan raya Pati-Juwana, ternyata masih memunculkan rembesan di ruas jalan tersebut. Tepanya, mulai dari depan PDAM Tirta Bening, di Desa Sugiharjo hingga di ujung pertigaan ujung timur Jalur Lingkar Selatan Pati, tepatnya di Desa Widorokandang, Kecamatan Kota Pati.

Hanya saja, kata beberapa warga, rembesan air tersebut sedikit lebih terkendali bila dibanding pada ruas jalan di pinggir kali itu belum dipasang tanggul itu oleh pihak Binamarga Wilayah Pati. Kendati status ruas jalan tersebut adalah jalan nasional, tapi kewenangan untuk penanganannya ada pada pihak DPU Binamarga yang bersangkutan.

Dengan demikian, kata beberapa warga, pihak Binamarga Wilayah Pati mengalokasikan anggaran untuk membuat tanggul dengan pasangan tegak mulai dari depan PDAM ke timur di Widorokandang. ”Jika melihat panjang seluruhnya tidak kurang darti 750 meter, dan tingginya sekitar 80 cm.”ujar salah seorang di antara mereka, Sutik (52).

Kondisi rembesan air dari meluapnya air di alur Kali Simo, di pinggir ruas jalan Pati-Juwana.

Harapannya tak lain, lanjut dia, jika musim penghujan tidak lagi terjadi limpasan air akibat meluapnya alur kali tersebut. Saat ini, limpasan akibat meluapnya air tidak terjadi karena tanggul parapet cukup tinggi, mencapai 80 cm sehingga sebenarnya pinggir alur kali tersebut dalam posisi aman, tapi di sisi lain renbesannya masih juga terjadi.

Hanya saja, ketinggian air di lokasi rembesan ketinggiannya tidak sampai membuat pengguna jalan baik pengendara motor maupun mobil kesulitan melintas. ”Dengan kata lain, genangan tersebut lebih banyak berkurang ketimbang sebelum dipasang tanggul parapet, tapi akan lebih baik denga adanya tanggul tersebut tidak lagi memunculkan rembesan air,”tandasnya.

Dalam pada itu, dampak meluapnya air alur Kali Simo di pinggur ruas jalan yang sama, atau tepatnya di Dukuh Cangkring, Desa Widorokandang, Kecamatan Pati juga terjadi limpasan air ke jalan raya.”Sebab, gelontoran air yang meluap tidak hanya alur Kali Simo tapi juga ditambah air dari alur Kali Kersulo,”imbuh H Darno, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati.