Ratusan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir

0
49
Salah satu sawah yang terdampak banjir di Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati merilis informasi data wilayah banjir terhadap dampak sawah yang terendam. Kurang lebih sudah sepekan ini beberapa wilayah di Pati dihadapkan dengan kondisi bencana alam yang mengakibatkan ratusan lebih sawah terdampak banjir.

Menurut data BPBD yang ditandatangani Kepala Pelaksana BPBD, Martinus Budi Prasetya per Selasa (9/2) pukul 08.00 pagi menyebutkan area sawah di Kecamatan Pati, yakni Desa Mustokoharjo 4 ha, Gajahmati 70 ha, Purworejo 75 ha, dan Sugiharjo 136 ha.

“(kemudian) di Kecamatan Jakenan, Desa Karangrowo 150 hektar, Ngastorejo 115 ha, Kedungmulyo 60 ha, Bungasrejo 52 ha, Tondomulyo 211 ha, Sidoarum 86 ha, Sonorejo 70 ha, Kalimulyo 90 ha, Glonggong 61 ha, Sendangsoko 10 ha,” lanjut bunyi data tersebut.

Sementara area sawah di wilayah Kecamatan Juwana cukup rendah. Hanya terdapat dua desa yaitu Desa Gadingrejo seluas 48 ha dan Desa Mintomulyo seluas 4,5 ha.

Menurut informasi data BPBD itu, Kecamatan Gabus juga sangat terdampak dari adanya banjir. Sedikitnya sebelas desa di Kecamatan Gabus merasakan kerugian luar biasa lantaran sawah milik masyarakat terendam.

“Ke sebelas desa itu antara lain Desa Mintobasuki 65 ha, Tanjang 163 ha, Pantirejo 29, Banjarsari 97, Kosekan 100 ha, Wuwur 150 ha, Karaban 35, Babalan 100 ha, Sunggingwarno 30 ha, Telogoayu 153 ha, Gempolsari 15 ha,” bunyi data BPBD.

Dalam informasi oleh pihak penanggulangan bencana bisa dijabarkan bahwa sawah yang tergenang air banjir ini terdiri dari dua kategori, padi dengan usia muda serta padi tua atau yang sudah siap panen.

Dalam informasi data tersebut kerugian ditaksir ratusan hingga bahkan miliaran rupiah. Pasalnya satu desa dengan lainnya nominalnya bervariatif tergantung luas lahan sawah.