Lelang Paket Pengadaan Barang/Jasa Mulai Dibuka

0
123
Bagian Lelang Pengadaan Barang/Jasa Setda Pati, Alfonsius Rico.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bagi  para rekanan penyedia jasa maupun konsultan pengawas yang ingin ikut ambil bagian dalam lelang pengadaan barang dan jasa, saat ini sudah dibuka kesempatan untuk keperluan tersebut. Sedangkan pada kesempatan awal yang banyak dibuka oleh Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Pati, adalah jasa konsultan pengawas.

Sebab, papar salah seorang yang bertugas pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa , Akfonsius Rico, cukup banyak paket pekerjaan dengan alokasi pagu anggaran cukup besar. Di antaranya, adalah lanjutan paket pekerjaan penataan Stadion Joyokusumo Pati yang merupakan lanjutan paket pakerjaan penataan rumput, sehingga paket tersebut lebih komplit karena termasuk lampu penerangannya.

Selain itu, ada pula lanjutan paket pekerjaan kolam tambat kapal meskipun belum masuk ke pihaknya, tapi juga menjadi bagian dari paket pekerjaan yang harus dilelangkan tahun ini. ”Jika hal tersebut bisa disiapkan lebih cepat, tentu akan lebih baik karena waktu untuk hari kalender pelaksanaan pekerjaan tidak mendekati dengan berakhirnya tahun anggaran,”ujarnya.

Akses ruas jalan Jakenan-Jaken yang peningkatannya mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK).

Di sisi lain, lanjutnya, juga ada paket peningkatan ruas jalan lain yang sudah sempat dibaca dari media, adalah paket pekerjaan ruas jalan yang alokasi dananya dari  bantuan Provinsi Jawa Tengah. Yakni, di ruas jalan Beketel, Kecamatan Kayen-Maitan, Kecamatan Tambakromo, dan juga akses ruas jalan ke lokasi wisata Jolong, yakni akses ruas jalan yang dari Jolong ke Pohgading, Kecamatan Gembong.

Akan tetapi, dari paket pekerjaan peningkatan ruas jalan yang sudah ditayangkan melalu Unit Lelang Pengadaan (ULP) secara teknis, adalah paket pekerjaan peningkatan jalan Jakenan-Jaken dan Winong-Pucakwangi dengan DAK. Karena itu, bagi rekanan yang berminat untuk ikut ambil bagian dalam pelaksanaan paket pekerjaan itu dipersilakan untuk memasukkan penawaran.

Sebab, paket pelaksanaan pekerjaan tersebut selain sudah ditayangkan tentu harus diikuti pemasakuan penawaran, tapi terlebih dahulu harus mendaftarkan. ”Jika nanti selesai dengan penetapan rekanan pemenang, maka proses berikutnya adalah masih ada sanggahan dari rekanan lain, sehingga pelaksanaan pekerjaan di lapangan pasti untuk turunnya hujan sudah mulai berkurang, sehingga tidak banyak menghadapi kendala,”imbuhnya.