Desa Metaraman Salurkan BLT DD, Pemdes: Termasuk Awal

0
59
Saat berlangsungnya penyaluran BLT DD Desa Metaraman, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Desa Metaraman, Kecamatan Margorejo dikategorikan awal dibanding dengan desa lainnya di Kabupaten Pati. Pasalnya, pemerintah desa telah menyalurkan BLT DD bagi keluarga penerima manfaat (KPM) sementara banyak desa lain belum.

Sebanyak 155 KPM pada Jumat (26/2) pagi tadi menerima bantuan tunai dari pusat melalui desa. Berlangsung mulai pukul 08.00 s/d kurang lebih 11.00, di Balaidesa setempat.

“Total ada 155 KPM warga kami mendapat BLT DD, dengan nominal mencapai 46,5 juta dari perhitungan tiap kpm dapat 300 ribu,” ujar Sekretaris Desa Metaraman, Suyono seusai penyaluran kepada Saminnews.

Pihaknya menuturkan tujuan penyaluran Bansos ini adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin di desa. Adapun secara pendapatan, perekonomian terdampak, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di samping itu, untuk menghindari ketidaktepatan sasaran BLT DD, maka diawal telah ditetapkan KPM dari berbagai pimpinan desa, sehingga benar-benar terjaring yang membutuhkan.

Ia menyebut, selain pencairan DD tahap pertama ini digunakan untuk pembiayaan jaring pengaman sosial (JPS), sebagian lainnya untuk digunakan dalam program padat karya tunai (PKT) untuk menstabilkan perputaran perekonomian warga.

“Digunakan untuk pendanaan pembangunan desa sebabnya 142 juta sekian. Rinciannya adalah untuk program PKT, pembangunan gorong-gorong, juga ada pembangunan drainase,” terangnya.