Bidang Pengelolaan Pasar Siapkan Tenaga Terampil Pemadaman Api

0
64
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Isrhoni saat menyampaiakan pesan dan petunjuk kepada sejumlah personel yang mengkuti pelatihan pemadaman api dari Pasar Winong 1.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Musibah kebakaran jika hanya menimpa rumah tinggal yang dirugikan, tentu hanya perseorangan sepanjang kobaran api tidak menjalar ke mana-mana.  Akan tetapi jika yang terbakar adalah sebuah pasar, maka yang menderita kerugian tidak hanya satu dua orang melainkan bisa mencapai puluhan, dan bahkan seluruh pedagang pasar yang bersangkutan.

Karena itu, pihak Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, sekarang berhasil melengkapi sejumlah pasar daerah dengan pemadam kebakaran di tempat. Yakni, terdiri dari unit sumur, bak penampung, dan mesin disel penggerak pompa penyedot air jika listrik mendadak padam.

Selebihnya, papar penanggung jawab penyediaan fasilitas tersebut dari Bidang Pasar yang bersangkutan, Widyo, adalah hidran yang juga sebagai alternatif menyemprotkan air jika bak air yang tersedia isinya sudah habis. ”Sebagai penggantinya, personel yang terlibat  dalam pemadaman api tersebut harus menyemprotkan air melalui hidran,” tandasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Isrhoni saat menyampaiakan pesan dan petunjuk kepada sejumlah personel yang mengkuti pelatihan pemadaman api dari Pasar Winong 1.

Dengan demikian, lanjutnya, personel yang terlibat dalam pemadaman api jika terjadi kebakaran di pasar juga harus memahami, bagaimana caranya memasang slang ke hidran. Karena itu dalam kesempatan latihan masing-masing tugas sudah dibagi, mulai dari yang menyemprotkan air melalui bak air yang tersedia, dan jika sampai listrik untuk pompa air listriknya padam.

Selebihnya, ada juga yang bertugas memasang slang pada hidran sebelum disemprotkan api juga ada yang bertugas menangani sendiri. Karena itu dalam latihan kali ini yang berlangsung di Pasar Winong 1, materi pelatihannya pun tak jauh berbeda dengan yang sudah diberikan pada pelatihan sebelumnya, yaitu di Pasar Puri dan di Pasar Sleko 1 dan 2.

Melalui pelatihan yang cukup singkat dan pada selama satu hari, maka personel yang bertugas memadamkan api lebih awal sebelum petugas pemadam kebakaran di lokasi pasar yang terbakar. ”Melalui upaya tersebut diharapkan jika terjadi kebakaran di pasar, sebelum api berkobar menjalar ke mana-mana bisa dipadamkan lebih cepat sebelum petugas pemadam kebakaran datang,” tandasnya.