Awal Maret Nanti Penandatanganan Kontrak Paket Pekerjaan Jalan yang Anggarannya dari DAK

0
59
Akses ruas jalan Hang Tuah Juwana juga dipersiapkan masuk ke Unit Lelang Pekerjaan (ULP) Pengadaan Barang/Jasa.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dipastikan awal Maret 2021 nanti, pihak Bidang Binamraga  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, sudah siap melakukan penandatangan kontrak pelaksanaan paket jalan. Yakni, untuk ruas jalan Jakenan Jakenan dan Winong-Pucakwangi yang alokasi anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021.

Untuk pelaksanaan paket pekerjaan tersebut memang ditenderkan lebih awal, dan saat ini tender tesebut sudah memasuki tahapan masa sanggah pemenang. Dengan demikian jika rekanan pemenang tersebut tidak ada sanggah banding, maka penetapan akan dilakukan oleh pihak ULP, sehingga tahap berikutnya rekanan yang bersangkutan harus mengurus jaminan bank.

Hal tersebut papar Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamarga DPUTR setempat, Hasto Utomo dipastikan bisa tuntas dalam pekan ini. ”Dengan demikian, paling tidak Senin (1/3) 2021 pekan depan antara Pejabat Pembuat Komitmen sebagai pengguna jasa dan rekanan penyedia jasa sudah bisa menandatangani kontrak pelaksanaan paket pekerjaan jalan,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya bisa dimulai pelaksanaan pekerjaannya, dan dipastikan tidak harus berburu dengan waktu yang sudah barang tentu sangat longgar. Karena itu, pihaknya akan menyiapkan lelang paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lainnya yag harus masuk ULP barang/jasa, untuk diumumkan ditayangkan agar rekanan penyedia jasa yang berminat semua bisa ikut ambil bagian.

Sebab, lelang secara terbuka itu bisa diikuti siapa saja rekanan yang berminat karena pihaknya akan menyiapkan jika tidak salah ada delapan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan yang pagu anggrannya per paket antara Rp 500 juta dan Rp 1 miliar. Di antaranya adalah akses ruas jalan Kayen-Tambakromo, dan Tayu-Dukuhseti.

Untuk Juwana, bahkan ada beberapa ruas jalan seperti di Jl WR Supratman dan Jl Hang Tuah, tapi khusus peningkatan ruas jalan ini anggarannya hanya Rp 500 juta, menyambung dari akses ruas jalan Karangmangu, Desa Bajomulyo mulai selatan pelabuhan. ”Dengan pagu anggaran sebesar itu, konstruksinya dengan rigid benton, sehingga tidak tahu mendapat panjang berapa, dan lebarnya minimal sama dengan Karangmangu, enam meter,”imbuhnya.