TNI-Polri Guyub Bersihkan Kelenteng Hok Tik Bio Pati

0
61
Apel siap melaksanakan bersih-bersih Kelenteng Hok Tik Bio Pati oleh jajaran Polsek dan Koramil Pati, serta Satuan Sabhara Polres Pati, dimpimpin Kapolsek Pati Iptu Sahlan SH MH, Sabtu (30/1) tadi pagi, di halaman Kelenteng Hok Tik Bio, dilanjutkan bersih-bersih.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seperti sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan setiap menjelang datangnya Hari Raya Imlek, di mana jajaran TNI dan Polri di Pati, utamanya Polsek dan Koramil Pati bersama jajaran satuan lainnya, seperti Satuan Sabhara dan Kompi Brimob, selalu ikut ambil bagian. Yakni, melaksanakan bersih-bersih Kelenteng Hok Tik Bio Pati, dan yang kali ini juga diikuti dengan penyemprotan disinfektan.

Khusus yang disebut terakhir, dilaksanakan oleh jajaran Satuan Sabhara Polres Pati, dan hadir dalam kesempatan tersebut adalah Kasat Sabhara, AKP Endah. Sedangkan bersih-bersih yang dilakukan oleh banyak personel dari TNI/Polri tersebut, tidak hanya semata-mata rumput yang tumbuh di halaman kelenteng, tapi juga bagian lain di lingkungan kelenteng.

Sebab, kata Kapolsek Pati, Iptu Sahlan SH MH, dia yang sudah beberapa kali mengikuti persiapan perayaan Imlek di Kelenteng tersebut, hal itu juga menjadi bagian rangkain perayaan Imlek setiap tahun. ”Bahkan biasa, banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan awal menyambut datangnya Hari Raya Imlek 2572 Tahun 2021,”ujarnya.

Jajaran TNI/Polri anggota Koramil dan Polsek Pati saat melakukan bersih-bersih halaman Kelenteng Hok Tik Bio, di Jl MH Thamrin Pati, Sabtu (30/1) tadi pagi.

Akan tetapi, lanjutnya, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, pelaksanaan bersih-bersih ini diserahkan kepada pihaknya. Dengan demikian, meskipun tidak melibatkan banyak personel karena harus menerapkan protokol kesehatan (ptrokes) utamanya menjaga jarak bisa dihindarkan, sehingga terjadinya kerumunan bisa dihindari.

Prinsipnya, upaya bersih-bersih kelenteng ini tetap diupayakan dalam waktu kurang dari satu hari sudah tuntas, sehingga dengan personel yang dikerahkan berkait hal tersebut sudah maksimal. Apalagi, selain-bersih-bersih lingkungan juga harus bersih-bersih untuk benda-benda yang selama ini menjadi isi kelenteng, dan juga lampion yang terpasang di serambi.

Upaya menurunkan dan membersihkan lampion yang selama satu tahun ini terpasang di serambi Kelenteng Hok Tik Bio, untuk dibersihkan dan berikutnya nanti dipasang lagi.

Dengan melibatkan personel jajarannya dalam kegiatan sosial di kelenteng, paling tidak akan semakin terbuka wawasannya, bahwa kelenteng itu sebenarnya bukan bagian dari agama, melainkan bagian dari budaya leluhur suku bangsa Tionghoa. Sehingga banyak ritual yang harus dilakukan, warga keturanan yang bersangkutan dalam menghormati leluhurnya.

Terlepas dari hal tersebut, untuk perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2572 yang akan jatuh di hari Jumat (12/2) 2021. ”Karena itu, jika jajaran TNI/Polri ikut serta ikut ambil bagian di dalamnya, adalah sebagai upaya menghindari terjadinya kerumanan dari banyaknya masyarakat yang ikut  ambil bagian,”imbuhnya.