Tahun 2021 ini, Pemdes Ngurensiti Agendakan Dua Pekerjaan

0
11
Kepala Desa Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Indra Prasta Radika.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pada awal tahun 2021 ini, Pemerintah Desa Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Pati menegaskan bakal melakukan dua agenda besar. Perencanaan itu adalah pembangunan infrastruktur desa serta pembangunan aspek ketahanan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Ngurensiti, Indra Prasta Radika mengatakan bahwa rencana pembangunan infrastruktur yakni terkait rabat beton. Pasalnya, pihaknya mengaku hampir semua jalan desa dengan menggunakan cor semen bukan terdiri dari bahan aspal.

“Untuk rencana tahun ini Pemdes mengagendakan rabat beton. Kemudian hendak perbaikan penerimaan Pendapatan Asli Desa (PADes), untuk kita dongkrak,” kata Indra di kantornya kepada Saminnews, Kamis (14/1/2021).

Upaya mendongkrak PADes Ngurensiti, pihaknya menyebut dengan melalui optimalisasi pasar desa. Disebutkan bahwa selama satu tahun dari pasar desa itu hanya mendapatkan pendapatan senilai 2 (dua juta). Nilai tersebut masih bisa ditingkatkan lagi secara optimal.

“Selama saya memimpin, masak pasar desa Pohon Randu itu nilainya setahun cuma 1,5 juta. Saya kira belum maksimal itu, makanya nanti sistemnya dibenahi dengan proses lelang,” ujarnya.

Selain itu, kemungkinan jika naik penerimaan dari sektor pasar desa kontribusi hanya senilai 2 juta. Padahal, di pasar kan potensinya sangat besar. Disitu bisa mampu menggerakkan geliat perekonomian masyarakat desa dan berpengaruh terhadap pendapatan Pemdes.

“Taksiran kami, bahwa penerimaan dari sektor pasar desa ini bisa melampaui nominal sebelumnya. Bisa naik dua kali, bahkan tiga kali lipat dari awalnya. Dari yang awal hanya dua, bisa menjadi 6 juta,” jelasnya.

Pihaknya menyebut lokasi pasar desa cukup strategis, termasuk area jalan ramai. Untuk malam hari juga ada kegiatan perekonomian yang berjumlah 10 orang pedagang pada malam hari. Jadi, potensi perekonomian jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan penerimaan profit yang cukup tinggi.