Pemdes Dadirejo Fokuskan Pembangunan Infrastruktur, Kemudian Perawatan Lingkungan

0
74
Salah satu infrastruktur jalan desa yang telah dibangun.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Desa (Kades) Dadirejo, Margorejo, Pati, Sukarjo menyebutkan program desa masih berkutat pada pembangunan fisik. Pembangunan infrastruktur desa agar bisa tertata baik secara layak. Tidak tertinggal dari lainnya.

“Pemdes Dadirejo masih memfokuskan program pembangunan pembenahan infrastruktur desa. Sebelumnya terkait infrastruktur memang kami rasa masih tertinggal,” kata Sukarjo di kantornya kepada Saminnews, Jumat (22/1/2021).

Ketika pembangunan infrastruktur itu dinilai sudah baik. Kemudian, akan beralih ke upaya perawatan. Juga unsur kebersihan lingkungan sebagai pendukung pembangunan yang berkelanjutan desa. Dimana memperhatikan unsur ketahanan kesehatan masyarakat dimulai dari kebersihan lingkungan.

Menurut Sukarjo, perawatan ini berkaitan dengan  menjaga kebersihan lingkungan agar bersih dari sampah. Sehingga lingkungan desa bisa bebas dari sampah, dan diharap jauh dari penyakit yang menyertai.

Adapun ke depannya, dari pengelolaan sampah di Desa Dadirejo itu bisa mendapat kemanfaatan yang dirasakan. Bukan hanya sebatas pandangan yang bersih, juga jika dikelola dengan baik bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

“(Pembangunan) Infrastruktur selesai, kemudian beralih terkait kebersihan lingkungan. Dan nantinya akan dikelola BUMDes,” tegasnya.

Jadi, kalau infrastruktur memadai baik fasilitas umum maupun lingkungan bersih dari sampah, maka akan dilihat masyarakat juga akan senang. Dan ini konsekuensinya adalah menjaga kesadaran masyarakat terhadap kebersihan itu.

Dengan didukung pemerintah pusat maupun daerah melalui DD serta ADD, pemerintah desa bisa membuat perencanaan yang matang serta capaian yang optimal. Karena, pos anggaran itu memang diperuntukkan untuk mendukung berbasis pembangunan berkelanjutan.