Hari Ketiga Tahun 2021; Dari Pagi Sampai Siang Tiga Jenazah Dimakamkan Standar Protokol Covid-19

0
134
Proses pemakaman satu jenazah laki-laki sebagai umat Kristiani, di Tempat Pemakaman Kristen Kampung Randukuning, Keluaran Pati Lor, Kecamatan Pati, Minggu (3/1) hari ini.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki hari ketiga, Minggu (3/1) di Tahun 2021, dari pagi sampai siang ini selesai dimakamkan tiga jenazah dengan standar protokol Covid-19. Satu di antaranya, dimakamkan oleh tim pemakaman dari rumah sakit (RS) Tlogorejo Semarang, dimana sebelum meninggal almarhum yang bersangkutan dirawat di rumah sakit tersebut.

Hal itu diketahui Tim Pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), setelah tim yang menunggu untuk melaksanakan tugas pemakaman dengan standar protokol Covid-19 untuk jenazah seorang laki-laki, warga Desa/Kecamatan Wedarijaksa, Pati. Sedangkan pemakaman dilaksanakan sesuai proses pemakaman sebagai umat Kristiani.

Tim dari BPBD pun tetap menuju ke lokasi pemakaman, untuk membantu jika pemakaman yang dilaksanakan oleh pihak rumah sakit menghadapi kesulitan. ”Sampai di lokasi pemakaman, karena semua berjalan lancar kami pun kembali ke kota dengan menginformasikan pemakaman di Makam Kristen Randukuning siap,”ujar salah seorang di antara mereka, Purnama.

Pengurukan/penutupan lubang makam setelah peti jenazah dimasukkan ke dalam lubang.(Foto:SN/aed)

Karena itu, tak berapa lama setelah koordinasi dan tim tiba di lokasi Makam Kristen Randukuning, ambulans pengantar jenazah dari Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH). Sebelum almarhum yang meninggal, warga Kelurahan Parenggan, Kecamatan Pati, memang dirawat di rumah sakit itu.

Dengan selesainya pemakaman yang belum terlalu siang, karena baru sekitar pukul 11.00, maka tim pun kembali ke Posko, di pinggir jalan raya Pati-Kudus. Akan tetapi, sudah masuk informasi sekitar pukul sekitar pukul 13.00 ada lagi satu pemakaman jenazah perempuan, warga Desa/Kecamatan Kayen yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati.

Penanaman nizan di pusara makam almarhum, di Tempat Pemakaman Kristen, di Kampung Randukuning, Kelurahan Pati Lor.(Foto:SN/aed)

Karena itu sebelum berangkat melaksanakan pmakaman jenazah seorang perempuan, warga Desa/Kayen, tim masih bisa sedikit istirahat sampai pukul 13.00. Dengan demikian, selesai memakamkan dua jenazah hari ini, tim BPBD bisa kembali beristirahat sampai sore hari nanti, tapi dengan catatan tidak ada lagi tugas memanggil.

Akan tetapi, kembali tim tetap menarik harapannya agar hari ini cukup ada tugas pemakaman saja, sehingga setelah sore maupun malam tidak ada lagi tugas yang harus dilaksanakan. Hanya saja, meskipun banyak mengharap agar pemakaman ini segera berakhir, tapi sampai Tahun Baru 2021 masih terus berlanjut.

Selesai melaksanakan tugas maka tim dari BPBD Pati ini segera melepas alat pelindung diri yang dipakai saat melaksanakan pemakaman standar protokol Covid-19.(Foto:SN/aed)

Kendati demikian, pihaknya tidak pernah berhenti mengharap meskipun sampai saat ini belum dikabulkan, maka semangat untuk terus bisa melaksanakan tugas yang memacu seluruh tim untuk tak pernah patah semangat. ”Semoga, kekuatan dan daya tahan tubuh serta kesehatan tim juga tetap maksimal,”imbuhnya.