Hari ke Empat; Tim Memakamkan Empat Jenazah Protokol Covid-19

0
99
Proses pemakaman jenazah seorang perempuan, warga Desa Sarirejo, Kecamatan Pati dengan standar protokol Covid-19, Senin (4/1) 2021, pukul 22.00 tadi, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Carum desa setempat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki hari ke empat di Tahun Baru 2021, Senin (4/1) mulai tadi pagi hingga pukul 23.00 ini, sebanyak empat jenazah selesai dimakamkan dengan standar protokol Covid-19. Yakni, dimulai dari wiayah Pati utara, tepatnya di Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso, Pati.

Di desa ini, tim relawan Tunggulwulung memakamkan satu jenazah seorang perempuan, warga desa itu. Sebelum meninggal almarhumah sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Dokter Soetrasno Rembang, dan sejak selesai pemakaman tersebut Pati seperti benar-benar sudah berakhir untuk melakukan pemakaman standar protokol Covid-19.

Sebab, papar salah seorang personel dari Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yaitu Purnama, selesai pemakaman oleh tim relawan Pati utara hingga siang sampai menjalang sore, Tim BPBD benar-benar tidak melaksanakan tugas. ”Seperti warga yang meninggal dan harus dimakamkan dengan standar protokol itu, sudah tidak ada lagi sehingga tim bisa seharian beristirahat,”ujarnya.

Proses pemakaman saat peti jenazah dimasukkan dalam lubang makam kemudian ditutup/diuruk oleh tim.

Akan tetapi, menjelang pukul 17.00 datang perintah untuk bersiap-siap melaksanakan tugas pemakaman, untuk jenazah seorang laki-laki, warga asli Kampung Saliyan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati. Karena itu, utuk pemakaman jenazah almarhum tetap dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) kampung itu, dan sebelum ,meniggal almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati.

Berikutnya, menjelang mahgrib, tim pun mendapat perintah lagi untuk melaksanakan pemakaman jenazah seorang perempuan, warga Desa Sarirejo juga di Kecamatan Pati, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Carum. Sebelum meninggal, almarhumah sempat dirawat di RS Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati, dan pemakaman baru berakhir tadi pukul 22.00.

Proses akhir pemakaman adalah penanaman batu nisan di pusara almarhumah yang pemeluk Nasrani.

Selesai pemakaman jenazah kedua di TPU Carum, maka Tim BPBD masih harus melaksanakan satu pemakaman jenazah ketiga. ”Yakni, warga Kampung Bendan, Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati yang sebelum meninggal sempat dirawat di RS Roemani Semarang, dan jika malam ini ada jenazah yang harus dimakamkan lagi, kami sepakat untuk dilanjutkan esok hari saja,” tandasnya.