Gundukan Sampah Sungai Babalan-Koripandriyo Dikeruk

0
48
Saat pengerukan sampah di sungai Babalan-Koripandriyo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebagaimana pada umumnya, untuk awal tahun bulan Januari 2021, musim penghujan belum benar-benar selesai. Terkadang turun hujan dengan intensitas tinggi maupun sebaliknya. Lantaran, masih adanya hujan, tentu debit air di sungai lebih tinggi. Membuat sungai perbatasan Desa Babalan-Koripandriyo banyak sampah.

Menyikapi hal ini, pemerintah desa Babalan segera melakukan pengerukan sampah yang tersentral di area bendungan sungai. Sampah ini yang terbawa arus banjir dari hulu yang mandek, lalu lama kelamaan menjadi menumpuk.

“Pada Rabu kemarin itu, kita lakukan pengerukan sampah dari sungai. Jumlahnya cukup lumayan dari berbagai material sampah, kayu dan sebagainya,” ujar Kades Babalan, Nining Sudaryati kepada Saminnews, Jumat (15/1/2021).

 Setelah sungai bersih dari sampah, kemudian persoalan selanjutnya adalah menjadi gunungan sampah di atasnya dari dalam sungai. Hingga kemudian, pihaknya meminta pemerintah Pati dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Setelah sampah terkeruk, hari Kamis meminta bantuan dan mengirimkan surat kepada pihak PU untuk membersihkan dan mengangkut sampah tersebut,” jelasnya.

Sehingga, tepat hari Jumat ini dari pihak PU menindaklanjuti dengan membersihkan gundukan sampah yang diangkut kendaraan dump truck milik Dinas PU. Dan kondisinya setelah diangkut semua, tentu bersih dari pandangan gundukan sampah.