Di Hari Ketujuhbelas: Petang Hingga Malam Tiga Lagi Jenazah Dimakamkan Standar Protokol Covid-19

0
138
Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, tengah mengusung peti jenazah dari ambulans ke lubang pemakaman jenazah seorang lak-laki, warga Kampung Saliyan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati beberapa saat tadi.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Di hari ketujuhbelas bulan Januari 2021, Minggu (17/1) hari ini, mulai pagi, hingga siang dan sore hari, ternyata tidak hanya enam jenazah yang dimakamkan dengan standar protokol Covid-19. Yakni, masing-masing tiga jenazah di wilayah Pati utara yang pemakamannya dilaksanakan oleh Tim Relawan Tunggulwulung.

Sedangkan tiga jenazah lainnya, dimakamkan oleh Tim BPBD dan jenazah yang terakhir dimakamkan oleh tim itu, sore tadi adalah jenazah seorang laki-laki, warga Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngening desa setempat, dan sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Fastabiq Sehat Pati.

Akan tetapi, papar salah seorang personel Tim BPBD, Purnama, saat timnya tengah beristirahat setelah pagi hingga sore melaksanakan tugas tersebut, pihaknya mendapat inforasi harus melaksanakan tugas lagi. ”Yakni, untuk memakamkan jenazah seorang perempuan, warga Kelurahan Parenggan, Kecamatan Pati,”ujarnya.

Persiapan tim pemakaman untuk memasukkan peti jenazah ke lubang pemakaman.(Foto:SN/aed)

Pemakaman tersebut berlangsung hingga petang hari, oleh tim pemakaman BPBD kedua yang menggantikan tim sebelumnya. Sedangkan tim kedua ini, selesai pemakaman tersebut tidak kembali ke posko-nya, di pinggir Jalan Raya Pati-Kudus, tapi langsung menuju ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Saliyan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati.

Di TPU ini, tim memakamkan jenazah seorang laki-lagi, warga setempat yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati. Yakni, jenazah yang kedelapan yang dimakam pada malam hari ini, menyusul jenazah ketujuh yang dimakamkan beberapa waktu sebelumnya, dan sebelum meninggal yang bersangkutan sempat di rawat di Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati.

Tahap akhir pemakaman setelah penempatan nizan di pusara makam, maka pemakaman pun berakhir.(Foto:SN/aed)

Belum selesai pelaksanaan pemakaman di TPU Saliyan, Keluarahan Pati Lor, Kecamatan Pati, pengemudi ambulans RS KSH tersebut pun menginformasikan kepada tim itu. Yakni, satu lagi jenazah meninggal di rumah sakit tersebut, dan tengah dalam penatalaksanaan, dan baru dimakamkan berikutya, sebagai jenazah kesembilan yang harus dimakamkan dengan standar prokol Covid-19.

Mengingat jenazah perempuan tersebut adalah warga di wilayah Kecamatan Margoyoso, maka tugas untuk pemakamannya malam ini adalah Tim Relawan Pati utara, Tunggulwulung. ”Dengan demikian, seharian hingga malam ini Tim Relawan Tunggulwulung memakamkan empat jenazah standar ptotokol Covid-19, Tim Pemakaman BPBD memakamkan lima jenazah,”imbuhnya.