Akses Jalan ke Alun-alun Jakenan yang Digenangi Air Sudah Ditutup Beskos

0
82
Pemadatan beskos di akses jalan masuk ke Kantor Kecamatan dan Alun-alun Jaken an yang bila hujan menyisakan genangan air, dilakukan dengan kerja bakti dari jajaran Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tidak tersedianya anggaran untuk penataan akses ruas jalan menuju Kantor Kecamatan dan Alun-alun Jakenan, maka jajaran Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Selasa (12/1) 2021 hari ini melakukan kerja bakti. Sebab, akses jalan tersebut bisa selesai turun hujan menyisakan genangan air sehingga pengunjung fasilitas umum itu pada malam hari merasa terganggu.

Akan tetapi, dalam pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), kunjungan ke fasilitas publik tersebut juga sudah dibatasi, paling lambat pukul 21.00 harus berakhir. Berkait hal itu yang punya keweangangan melakuan pembatasan kunjungan warga di lokasi tersebut pada malam hari, adalah Camat setempat, untuk mencegah semakin berkembangnya penyebaras virus Covid-19 di masa pandemi ini.

Terlepas dari hal tersebut, papar Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamaman Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Noor Azid, pihaknya hari ini harus melakukan kerja bakti bersama jajarannya. ”Utamanya yang kami lakukan adalah menutup genangan air dengan beskos, dan memadatkannya, agar jika nanti terkena genangan air ikatan material tersebut tidak lepas,”ujarnya.

Para petugas kebersihan juga tengah membersihkan lingkungan Alun-alun yang baru selesai dibangun beberapa bulan lalu.

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan penataan akses jalan keliling bundaran alun-alun yang sisi timur, karena fasilitas untuk akses jalan yang tersedia juga belum maksimal. Bahkan, sejak alun-alun selesaai dibangun hingga sekarang akses ruas jalan tersebut, masih dipadatkan dan diratakan menggunakan tanah uruk sisa-sisa pengurukan sebelumnya.

Akan tetapi dalam kesempatan kerja bakti kali ini diupayakan, agar pemadatan akses jalan tanah tersebut bisa dimaksimalkan pula dengan material beskos. Dengan demikian, jika malam ada pengunjung yang hendak jalan-jalan di ruas jalan bawah sisi timur sudah tidak lagi harus berjalan di atas akses jalan tanah.

Sisi timur akses ruas jalan di sekeliling Alun-alun Jakenan yang sampai saat ini berupa tanah.

Menjawab pertanyaan, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan DPUTR Kabupaten Pati, Noor Azid menambahkan, meskipiun tidak ada alokasi anggaran untuk meningkatkan kembali apa yang belum maksimal di Alun-alun Jakenan, maka upaya yang dilakukan adalah dengan cara kerja bakti. ”Sebab, Jumat (15/1) 2021, Alun-alun Jakenan juga akan diresmikan,”imbuhnya.