Beberapa Rekanan yang Mengerjakan Drainase Kota Ditegur PPK

0
282
Upaya meningkatkan salah satu drainase (saluran pembuang) dan peningkatan trotoar pinggir jalan raya dalam Kota Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sisa waktu efektif hari kalender kerja untuk menuntaskan pelaksanaan pekerjaan pembangunan saluran pembuang (drainase) dan trotoar jalan dalam Kota Pati, jika dihitung mulai hari ini hanya tinggal empat pekan atau maksimal 26 hari. Karena itu, banyak pihak yang meragukan dan bisa memastikan bahwa ada beberapa rekanan yang tidak bisa menyelesaikan kontrak pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Dari beberapa rekanan tang melakukan kontrak kerja sebagai pemenang tender melaksanakan pekerjaan tersebut, di antaranya jika ada dua rekanan yang bisa menuntaskan paket pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, sudah terhitung benar-benar maksimal. Dengan demkian, rekanan lainnya pasti wanprestasi, sehingga yang harus diberlakukan nanti adalah denda per hari permil.

Karena itu, ungkap beberapa pemerhati penangan fasilitas umum, wajar dan udah semestinya jika pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam pelaksanaan paket pekerjaan tersebut memberikan teguran tertulis agar rekanan yang bersangkutan meningkatkan kinerjanya. ”Dengan dipacu melalui peringatan dan teguran itu, seharusnya mereka lebih terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya,”tandas salah seorang di antara mereka,”tapi keberatan disebut jati dirinya.

Beginilah kondisi salah satu lokasi pelaksanaan pekerjaan drainase dan trotoar dalam Kota Pati mendekati berakhirnya hari kalender pelaksanaan pekerjaan sesuai kontrak.

Terpisah ditanya berkait hal tersebut, Kepala Budang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Arif Wahyudi, tidak mengelak. Selaku penanggung jawab proyek tersebut pihaknya sudah berupaya maksimal mengingatkan, agar semua rekanan yang melaksanakan paket pekerjaan pembangunan drainse dan trotoar pinggir jalan raya dalam Kota Pati untuk lebih memacu pekerjaannya.

Akan tetapi progresnya masih juga belum bisa maksimal, maka teguran tertulis pun dilayangkan kepada rekanan yang bersangkutan. ”Tujuannya tak lain, agar rekanan yang bersangkutan untuk benar-benar melaksanakan apa yang sudah kami peringatkan, agar nanti jangan sampai terlambat setelah hari kalendernya berakhir,”tandasnya.

Dari pantauan berapa rekanan yang melaksankan paket pekerjaan itu, di antaranya adalah  yang mengerjakan pekerjaan pembangunan drainase dan trotoar pinggir Jl Tentara Pelajar pada dua susi. Menyusul berikutnya ke selatan adalah di Jl Jiwonolo juga dua sisi, kemudian di Jl Wahid Hasyim, Jl Sudirman, Jl Pemuda dan Jl MH Thamrin.