Anggaran DD Tahun 2021 Depan Alami Penurunan

0
96
Kepala Dispermades Kabupaten Pati, Sudiyono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten Pati tahun 2021 mendatang disebut mengalami penurunan. Bahwa dibandingkan dengan tahun 2020 anggaran DD Kabupaten Pati mengalami penurunan sejumlah 4 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Sudiyono mengatakan pagu anggaran Dana Desa Kabupaten Pati dengan jumlah 426 miliar. Total anggaran itu nantinya dibagi dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Pati.

“Dana Desa tahun 2021 mendatang, Kabupaten Pati mendapat pagu anggaran senilai 426 miliar yang nanti dibagi dari 401 desa,” singkatnya saat dikonfirmasi Saminnews, Rabu (16/12/2020).

Penurunan anggaran dana desa ini tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah. Utamanya terkait munculnya wabah pandemi Covid-19 memicu adanya refocusing anggaran. Hal ini berimbas juga terhadap turunnya nilai dana desa.

Tahun 2020 sendiri mendapat alokasi sebesar 430 miliar rupiah. Namun, dengan kebijakan refocusing anggaran tersebut untuk menangani dan mengatasi dampak pandemi, maka nilainya berkurang. Untuk tahun 2021 depan berkurang 4 miliar menjadi 426 miliar.

Dengan begitu, kaitannya penurunan anggaran dana desa tahun 2021 mendatang menjadi tantangan bagi pemerintah desa. Betapa tidak, pasalnya dengan masih ada wabah pandemi Covid-19 saat ini, anggaran tersebut juga digunakan untuk jaring pengaman sosial (JPS).

JPS tersebut digunakan sebagaimana disalurkan dalam bentuk bantuan sosial tunai dana. Dengan kata lain kita menyebutnya BLT DD untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 serta dengan kategori miskin.