Malam Ini Masih Berlangsung Pemakaman dengan Standar Protokol Covid-19

0
455
Pemakaman standar protokol Covid-19 di TPU Desa/Kecamatan Trangkil (Foto:SN/dok-yun)

SAMIN-NEWS.com  PATI – Sampai berita ini ditulis pukul 21.00 WIB, malam ini di Pati masih berlangsung pemakaman jenazah dengan standar prokol Covid-19 oleh Tim Pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setepat. Bahkan saat ini, sesuai infornasi yang dihimpun ”Samin News” (SN) barangkali jenazah yang harus dimakamkan masih dalam perjalanan dari Rumah Sakit (RS) dr Soetrasno Rembang, tujuan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Lundo, Kecamatan Jaken.

Sedangkan yang dimakamkan di TPU desa tersebut malam ini setelah jenazah datang dari RS itu, adalah seorang perempuan yang sejak Sabtu (31/10) lalu dirawat di RS tersebut. Akan tetapi, sebelumnya almarhumah sudah mempunyai penyakit bawaan yang dideritanya, yaitu tekanan darah tinggi dan kolestrol.

Terlepas dari hal itu, ambulans dari RS tersebut setelah mengantar jenazah ke TPU Lundo, bisa dipastikan harus kembali ke Rembang, untuk mengambil satu jenazah lainnya yang juga harus dimakamkan dengan standar protokol yang sama. Sedangkan jenazah tersebut sebelum meninggal juga sempat dirawat di RS tak jauh berbeda.

Pemakaman standar protokol Covid-19, di Desa Sarirejo, Kecanatan Pati.(Foto:SN/dok-yun)

Karena faktor ketersediaan mobil ambulans hanya satu, ungkap salah seorang anggota tim pemakaman, maka sesuai koordinasi dengan pengemudi ambulans tersebut adalah setelah mengantar jenazah alamarhumah di TPU Lundo, baru giliran berikutnya ke TPU Pecangaan, di Kecamatan Batangan. Dengan demikian, pemakaman berikutnya baru bisa berlangsung di TPU desa kawasan pantai itu, tapi kepastian waktunya tidak diketahui.

Sebab, lanjutnya, untuk penggalian lubang makam dan pengurukan/menutupnya memakan waktu sedikit lama, karena kondisi struktur tanahnya yang berupa lempung hitam bila dicangkul sulit kembali untuk melepas bongkahan tersebut. Karena itu, sedikit-sedikit lempengan cangkul tersebut harus dicelupkan ke dalam air.

Mengingat kondisi tersebut, maka sudah barang tentu memakan waktu sedikit lama tapi hal itu bagi tim pemakaman adalah hal biasa. Karena itu setelah selesai pemakaman di Lundo, maka tim akan bergerak ke timur menuju arah Jaken, kemudian ke Kuniran, Kedalon, Kecamatan Batangan, dan terakhir ke Pecangaan yang berlokasi di kawasan pantai.

Ditambahkan, untuk pemakaman yang berlangsung sebelumnya juga di hari ini, adalah di Desa/Kecamatan Trangkil, seorang perempuan yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Margoyoso. Selesai itu, dilanjutkan pemakaman di TPU Carum di Desa Sarirejo, Kecamatan Kota Pati, untuk jenazah juga seorang perempuan yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit (RS) Fastabiq Sehat,”imbuh dia yang akrab disapa Purnama.