Bidang Binamarga DPUTR Pati; Gelontarkan Air Dua Tanki Bersihkan Ruas Jalan Berlumpur

0
210
Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menyemprotkan air dari tanki, untuk membersihkan akses jalan Pati-Gembong yang berlumpur.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, akhirnya harus bergerak cepat  menyemprotkan air untuk membersihkan ruas jalan Pati-Gembong lewat Banyuurip, Kecamatan Margorejo yang kemasukan air berlumpur dari sisi kiri dan kanan ruas jalan tersebut. Hal itu sering terjadi, sebagai dampak tidak maksimalnya fungsi saluran pembuang (drainase).

Akibatnya, setiap kali selesai turun hujan ruas jalan pada lokasi itu tetap tak berubah, yaitu kemasukan genangan air yang membawa lumpur dari lahan di sisi kiri dan kanannya. Dengan demikian, kondisi ruas jalan tersebut tetap menyulitkan para penggunanya, baik yang melintas hendak ke Gembong maupun sebaliknya.

Karena itu, papar Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUTR setempat, Hasto Utomo, dalam menyikapi kondisi itu pihaknya untuk saat ini lebih mengutmakan kepentingan warga, agar jangan sampai ada yang tergelincir, utamanya para pengendara motor. ”Dengan demikian, kami harus menurunkan petugas tanki pembawa air dan juga petugas yang membersihkan lumpur tersebut,”tandasnya.

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menyemprotkan air dari tanki, untuk membersihkan akses jalan Pati-Gembong yang berlumpur.

Harapannya, lanjut Hasto Utomo, misalnya turun hujan hendaknya limpasan air dari sisi kiri dan kanan jalan tidak sampai banyak membawa lumpur. Sebab, untuk mengatasi hal tersebut paling tidak harus difasilitasi saluran pembung dari pasangan batu, sehingga hal tersebut tentu harus melalui perencanaan karena menyangkut berapa besar pembiayaannya.

Terlepas dari hal itu, saat ini para pengguna jalan sudah  busa kembali lewat dengan berkendara motor secara normal. ”Hal tersebut menyusul setelah lumpur di jalan yang sudah mulai mengering itu kami gelontor dengan dua tanki air,”imbuhnya.

Beberapa pengguna jalan ketika ditanya atas upaya cepat membersihkan lumpur oleh personel petugas dari DPUTR mengucapkan terimakasih, karena pihak yang berkompeten cepat tanggap. ”Misalnya turun hujan lagi, kami nyang biasa lewat di jalan ini juga jangan sampai kemasukan lumpur, karena menyebabkan jalan menjadi licin,”imbuh salah seorang di antara mereka, Sutiyo, warga Sukoharjo, Kecamatan Margorejo.