Semalam Satu Lagi Jenazah Dimakamkan dengan Standar Protokol Covid-19

0
199
Saat jenazah tiba di lingkungan salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Semirejo, Kecamatan Gembong, Pati, Sabtu (17/10) malam pukul 22.00 beberapa pelayat langsung melakukan shalat jenazah.(Foto:SN/aed) 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sabtu (17/10) siang selesai memakamkan jenazah seorang laki-laki, warga Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati, malam harinya sekitar pukul 22.00 Tim Pemakaman Standar Protokol Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati ganti melaksanakan tugas tak jauh berbeda. Untuk tadi malam yang dimakamkan adalah jenazah seorang perempuan, warga Desa Semirejo, Kecamatan Gembong.

Sebelum meninggal, menurut penjelasan beberapa pelayat, alamarhumah memang mempunyai penyakit bawaah, dan terakhir sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Mardi Rahayu Kudus. Karena itu, seperti biasa jenazah tersebut pun diantar oleh tim pemakaman dari Badan Penanggulanbgan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, dan selama pemakaman berlanjut cuaca cerah karena pada malam sebelumnya sempat turun hujan.

Jenazah diusung menuju lubang pemakaman oleh kedua tim.(Foto:SN/aed)

Dari pantauan langsung ”Samin News” (SN) di lokasi TPU tersebut, hadir selain dari personel Polsek juga Koramil, dan Bidan Desa Pusksesmas Gembong. Dalam kesempatan tersebut baik tim maupun sejumlah pelayat yang sudah siap di tempat pemakaman sama-sama harus menunggu lebih dari satu jam, karena jenazah yang diantar relawan BPBD Kudus masih dalam perjalanan.

Karena itu, ketika rombongan dari relawan pengantar jenazah tiba di lokasi pemakaman, para pelayat yang hendak melakukan shalat jenazah pun sudah siap. Setelah sekitar sepuluh menit, peti  jenazah diturunkan dari mobil BPBD Kudus yang membawanya, sehingga berikutnya selesai dikumandangkan adzan dan qomat, dilanjutkan dengan pemasukan peti jenazah ke dalam lubang makam.

Cukup membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit tim pemakaman dari BPBD Pati dan Kudus tuntas melakukan penutupan/pengurukan lubang makam.(Foto:SN/aed)

Kebersamaan tim yang semua harus melakukan tahapan akhir pemakaman, yaitu memasukkan peti jenazah kemudian menguruk/menutup dan meletakkan kedua nisan, maka proses semua itu tidak membutuhkan banyak waktu. Apalagi, galian tanah dari lubang kubur juga tidak terlalu liat serta berupa bongkahan, seperti di wilayah Kecamatan Juwana, maka semua berlangsung dengan cepat.

Selesai proses akhir pemakaman pihak keluarga diberi kesempatan menabur bunga di pusara, dan mendoakan jenazah yang selesai dimakamkan.(Foto:SN/aed)

Berakhirnya tahapan  proses pemakaman jenazah almarhumah dengan standar protokol Covid-19, Tim Relawan dari BPBD Kudus bersama rombongan langsung meninggalkan lokasi TPU itu. Sedangkan dari pihak keluarga diberi kesempatan menabur bunga di pusara dan mendokannya dengan tetap ditunggui Tim Pemakaman dari BPBD Pati, setelah itu rombongan tim juga meninggalkan tempat tersebut bersama para pelayat lainnya.