Resmikan Kantor Baru, Baznas Pati Targetkan Himpun Dana 5 Miliar

0
19
Bupati Kabupaten Pati, Haryanto dan Wakil Bupati Kabupaten Pati, Saiful Arifin tengah mengikuti sesi tumpengan bersama di acara peresmian kantor baru Baznas Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati, Imam Zarkasi mengatakan akan berkomitmen tahun ini akan mengumpulkan zakat infaq sedekah lebih besar dari tahun 2019. Dana yang berhasil dihimpun pada tahun 2019 sebesar 2,6 miliar. Untuk tahun ini, berupaya meningkatkan pengumpulan zakat Infak naik hampir dua kali lipat.

“Kami laporkan bahwa kami telah mengumpulkan zakat dan infaq sekitar 2,6 miliar di tahun 2019. Kemudian, mudah-mudahan di tahun ini kami bisa capai target  5 miliar,” ujar Imam.

Hal ini disampaikan pihaknya saat meresmikan kantor baru Baznas. Dimana sebelumnya jadi satu dengan kantor Kementerian Agama (Kemanag) Pati. Kantor Baznas baru kini berada di Jalan Pangeran Diponegoro No.18 Pati, sebelah RM Mbok Endut. Peresmian kantor tersebut dilakukan  secara simbolis oleh Bupati Pati Haryanto, Rabu (7/10/2020) kemarin.

Selanjutnya, Imam menyebut bahwa sejauh ini lembaga filantropi mengembangkan konsep untuk memberikan kemanfaatan yang lebih optimal. Dana yang terkumpul dari zakat para pegawai dikelola dengan baik, untuk mendukung serta mengimplementasikan Pati yang cerdas.

“Baznas Pati sudah melaksanankan programnya 5P. Yakni Pati makmur, Pati Cerdas, Pati Peduli, Pati Sehat, dan Pati Taqwa,” imbuhnya.

Ia juga berharap dengan adanya kantor yang baru, program Baznas kedepan dapat terlaksana makin maksimal.

Bupati Kabupaten Pati, Haryanto (memegang microphone)

Disamping itu, Bupati Pati, Haryanto menambahkan kedepan Baznas bukan hanya memprioritaskan zakat dan sedekah dari kalangan PNS. Melainkan bisa melebarkan sayapnya dengan menghimpun dari berbagai sektor.

“Semoga tidak dari PNS saja, harus keluar jangkauan. Seperti yang pengusaha harus dijangkau. Dibagi saja per kecamatan dan cari siapa yang patut menjadi penyandang,” kata Haryanto.