Pemdes Pengkoljagong Gelar Festival Bambangan Cakil

0
75

SAMIN-NEWS.com, BLORA – Kabar baik datang untuk para pegiat seni khususnya bagi kalian yang menggeluti seni tari. Pasalnya, Pemerintah Desa PengkolJagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora sebentar lagi akan menyelenggarakan ‘Festival Bambangan Cakil’ pada 20 hingga 31 Desember mendatang.

Bagi kalian yang berminat mengikuti gelaran tersebut, syaratnya cukup mudah. Yakni wajib menguasai tarian wajib Bambangan Cakil, kemudian satu tarian pilihan lain, serta diwajibkan mengenakan kostum.

Kontes ini bisa kalian ikuti dengan memiliki 1 grup dengan minimal 2 orang peserta. Peserta bisa dari kalangan pelajar maupun umum seluruh Indonesia.

Dengan biaya pandaftaran 50 ribu rupiah per kelompok, kalian bisa berkesempatan mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan hingga jutaan rupiah.

Sekedar informasi, Tarian Bambangan Cakil merupakan salah satu tarian klasik yang berasal dari Jawa Tengah, yang diadopsi dari salah satu adegan yang ada dalam pementasan Wayang Kulit yaitu adegan Perang Kembang.

Tarian ini menceritakan perang antara kesatria melawan raksasa. Kesatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan beringas.

Sementara itu jika kita pantau akun Instagram milik Pemdes PengkolJagong, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyatakan dukungan atas penyelenggaraan Festival Bambangan Cakil.

Berminat? Untuk info lebih lanjut, kalian bisa mengirimkan surel berisi biodata peserta ke pemdespengkoljagung@gmail.com atau melalui narahubung 082329974213.