Pelebaran Ruas Jalan ke Goa Pancur Terus Dimaksimalkan

0
39
Akses ruas jalan menuju ke objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen yang sudah memulai mengeruk untuk pelebaran dari perempatan jalan desa setempat ke selatan (arah goa).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Pati, adalah melebarkan akses ruas jalan tersebut. Yakni, jika semula ruas jalan itu rata-rata hanya mempunyai lebar tiga meter maka harus dilebarkan lagi menjadi lima meter, sehingga masing-masing sisi kiri dan kanan bertambah satu meter.

Untuk pelaksanaan pekerjaan ini, maka rekanan pemenang tender paket tersebut, harus membagi tiga segmen mengingat selain pelebaran dengan peningkatan aspal biasa ada dua segmen. Yakni, berawal dari ujung ruas jalan masuk ke Desa Jimbaran hingga pertigaan jalan sekitar balai desa setempat, panjangnya mencapai 1.100 meter.

Saat ini, papar pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Galuh, pelaksanakan pekerjaan pelebaran dan pemadatan material campuran pasir dan batu sudah sampai di ujung gerbang desa beberapa hari lalu. ”Dengan demikian, untuk pemadatannya alat penggilas tiap hari harus memadatkan material urugan pada pekerjaan pelebaran,”ujarnya.

Alat pemadatan utuk urukan pasir campur batu pada lubang pelebaran jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen, sudah sampai pada dua sisi ruas jalan tersebut.

Adapun segmen berikutnya, lanjut dia, adalah pelebaran akses ruas jalan mulai dari perempatan atau sekitar makam ke selatan, sampai di pertigaan jalan menikung setelah jembatan. Sebab, ke selatan lagi hingga ujung gerbang masuk ke objek wisata goa, untuk melebarkan akses ruas jalannya dari tiga meter menjadi lima meter harus diperkuat dengan talut penahan.

Sedangkan pemasangan talut penahannya sendiri, panjangnya sekitar 1.000 meter karena masing-masing sisi adalah 500 meter. Dengan demikian yang menyita banyak waktu dan tenaga adalah pada segmen pekerjaan ini, tapi mengingat tenaga yang dikerahkan cukup maksimal maka semua bisa berjalan sesuai rencana.

Sedangkan akses pelebaran ruas jalan yang panjangnya mencapai 500 meter tersebut, untuk badan jalan akan diperkuat dengan rigid beton. ”Pertimbangannya, karena untuk mendapatkan lebar jalan baru masing-masing lebar satu meter di sisi kiri dan kanan struktur tanahnya tentu belum bisa maksimal  maka harus diperkuat dengan konstruksi beton,”imbuhnya.