Lebih dari Dua Kilometer Ruas Jalan Goa Pancur Diperlebar Menjadi Lima Meter

0
95
Persiapan dan pengecekan di lapangan untuk ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen harus dilebarkan.

SAMIN-NEWS-com, PATI – Persiapan akan dimulainya pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jumbaran, Kecamatan Kayen, sudah dilakukan oleh pihak rekanan pemenang tender bersama personel dari Seksi Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati. Sesuai kondisi di lapangan, maka ruas jalan tersebut harus dilebarkan minimal menjadi 5 meter.

Dengan lebar tersebut, diharapkan jika terjadi kendaraan dari arah berlawanan harus bersimpangan masih ada ruang milik jalan yang bisa digunakan. Karena itu, rekanan pemenang tender pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut diharapkan untuk segera melakukan persiapan di lokasi pekerjaan mengingat hari kalender pelaksanakan pekerjaan yang disediakan dalam kontrak adalah relatif pendek, karena saat ini sudah memasuki pekan pertama Oktober.

Sedangkan untuk konsentrasi pelaksanaan pekerjaan, ungkap pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Soyo. harus dimulai dengan pelebaran sehingga bisa dari kedua lokasi. ”Masing-masing pada ujung jalan masuk menuju objek wisata tersebut, atau juga dari lokasi gerbang objek wisata itu yang panjang seluruhnya 2,9 kilomter,”ujarnya.

Personel dari Seksi Jalan Bidang Binamarga DPUTR Kabupaten Pati bersama personel pelaksana lapangan rekanan pemenang tender proyek tersebut.

Akan tetapi, lanjutnya, ada bagian lebar jalan yang berada di dalam desa lebarnya sudah mencapai lima meter, sehingga hal itu akan dimaksimalkan untuk memaksimalkan pekerjaan satu paket. Yakni, selain pelebaran ruas jalan masing-masing satu meter di sisi kiri dan kanan juga ada bagian lokasi pekerjaan tersebut yang harus dipasang talut mengingat lebarnya kurang dari lima meter sehingga harus mundur agar pelebaran dari material beton itu tidak ambrol, karena bagian tepinya sudah dipasang talut.

Selain pelebaran, untuk pekerjaan peningkatan lainnya adalah penguatan/perkerasan bagian ujung jalan dari gerbang masuk Desa Jimbaran dengan pelapisan aspal panjangnya mencapai 1.100 meter. Yakni, batas dari ujung hingga memasuki desa tersebut, baru berikutnya panjang ruas jalan dalam desa sepanjang 1,3 kilomter.

Selebihnya masih terdapat panjang ruas jalan dari perempatan di dalam desa hingga menuju kawasan objek goa juga sepanjang 1,3 kilometer, tapi ada bagian yang lebarnya sudah lima meter tentu tidak perlu dilebarkan lagi. ”Dengan demikian, ruas jalan tersebut baik yang dilebarkan maupun ditingkatkan dengan pengaspalan, panjang seluruhnya mencapai 2,9 kilometer,”imbuhnya.