BPBD Droping Air Bersih ke Tiga Desa di Pati Selatan

0
17
Antusiasme warga saat mendapatkan bantuan droping air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Akibat musim kemarau yang melanda di wilayah Kabupaten Pati, khususnya bagian selatan, mengakibatkan langkanya air bersih. Masyarakat kekurangan dan kesulitan untuk mendapatkan air sebagai bahan konsumsi keluarga. Oleh sebab itu, pemerintah memberikan bantuan air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa di berbagai Kecamatan. Ada tiga desa sekaligus penerima bantuan di Kecamatan berbeda yang mereka salurkan, Senin (5/10) kemarin.

“Kita droping air bersih ke tiga desa di berbagai wilayah. Masing-masing Desa Sejomulyo, Kecamatan Juwana. Desa Sidoarum, Kecamatan Jakenan serta Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi,” kata Kepala Bidang Logistik, Mimpi Arde Arya kepada Saminnews, Selasa (6/10/2020).

Dalam penyaluran air bersih tersebut, ujar Arde Arya untuk di Desa Sejomulyo sebanyak 2 tangki. Adapun Desa Sidoarum juga 2 tangki, sementara di Desa Pelemgede hanya 1 tangki. Adapun tiap tangki dengan kapasitas 4,5 ribu liter.

Dengan melihat musim saat ini belum masuk musim penghujan, bukan tidak mungkin pihak berwenang masih akan melakukan memberikan bantuan serupa. Dimana hal itu adalah untuk menyuplai kebutuhan dasar berupa pemenuhan kebutuhan air. Dengan anggaran yang sudah ditentukan oleh instansi kebencanaan tersebut, memang dialokasikan untuk tanggap bencana khususnya kelangkaan air bersih.

Disebutkan pihaknya, BPBD sejauh ini telah menyalurkan puluhan kali. “Terhitung sampai dengan hari Senin (5/10) kemarin sudah droping di 9 (sembilan) Kecamatan dan 19 desa yang sudah didroping,” tandas Mimpi Arya.