Usul Pasang Rumput Dilakukan Malam Hari Tidak Bisa Dipenuhi

0
69
Pengecekan rumput sentesis yang masih dalam gulungan untuk lapangan Stadion Joyokusumo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Saat persiapan pelaksanaan pemasangan rumput sintesis untuk lapangan Stadion Joyokusumo Pati, pihak pekerja dari pabrikan penerima order material tersebut agar bisa bekerja pada malam hari. Alasannya, bila harus melaksanakan menggelar gulungan rumput yang masing-masing lembar mempunyai ukuran empat meter tersebut cuacanya kurang mendukung, karena terlalu panas.

Akan tetapi setelah hal tersebut didiskusikan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), rekanan penyedia jasa, dan konsultan pengawas, usulan dari pihak pekerja penerima order material pabrikan tersebut tidak sependapat. Alasannya, saat ini Pati tengah memberlakukan jam malam berkait dengan upaya untuk memutus penyebaran virus Corona (Covid-19).

Selebihnya, kata salah seorang personel dari jajaran PPK, Budi, untuk lingkungan stadion juga tudak mempunyai fasilitas penerangan untuk bekerja pada malam hari. ”Aplagi, jika pelaksanaan pekerjaan tersebut dilakukan pada malam hari juga kurang tepat, karena pemasangan rumput sintesisis yang paling lebar untuk  fullsoccer baru kali pertama mereka lakukan,”tandasnya.

Untuk luas lapangan Stadion Joyokusumo sudah siap dipasang gelaran rumput sintesis.

Dengan kata lain, lanjut Budi, lapangan Stadion Joyokusiumo adalah kali yang pertama di Indonesia, sehingga kalau dikerjakan pada malam hari bila ada yang kurang maksimal tentu tidak terlihat secara maksimal. Karena itu, sebelum pelaksanaan pekerjaan berlangsung sepenuhnya maka terlebih dahulu dilakukan uji coba beberapa lembar, mengingat lebar lapangan sepenuhnya mencapai 105 X 70 meter, maka sesuai ukuran itu akan menghabiskan 68 lembar rumput sintesis masing-masing dengan warna hijau tua dan hijau muda.

Untuk melaksanakan seluruh pekerjaan pemasangan rumput itu, diperkirakan akan menghabiskan waktu lebih dari satu bulan, tapi untuk progres pelaksanaan pekerjaan ini sudah mencapai 90 persen karena pengadaan rumput sintesis tersebut seluruhnya sudah tersedia. Hanya sampai Kamis (17/9) yang belum lengkap adalah komponen pasir silika, dan ”ruber” yang sudah datang di lokasi tapi belum seluruhnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka sekali lagi, untuk pelaksanaan pekerjaan pemasangan rumput sentisesis di malam hari tetap tidak bisa dipenuhi. ”Sebagai saran dan pertimbangan, silakan para pekerja mulai melaksankan pekerjaan pada pagi hari mulai pukul 07.30 hingga pukul 11.00, dan istiharat maksimal 3 jam, karena harus mulai pukul 15.00 s/d 17.30,”imbuh Budi.