Ketua Bapemperda: Yang Mendesak Menjadi Prioritas Propemperda Tahun Depan

0
46
Suasana saat rapat Bapemperda berlangsung.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pati, Warno, menyebutkan sekiranya kebutuhan skala prioritas masyarakat, akan diutamakan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) pada tahun 2021 mendatang.

“Faktor mendesak yang sekiranya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu menjadi yang utama pada bagian Propemperda,” paparnya kepada media Saminnews selepas rapat, Sabtu (19/9/2020).

Dalam keterangannya, pihaknya menjelaskan rapat yang dilakukan bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam rangka penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah masih jauh. Pasalnya, rapat kali ini merupakan gambaran umum sebagai tahap awal.

“Untuk selanjutnya dari rapat kali ini masih ada 2 (dua) kali rapat Propemperda. Ini masih tahap awal terkait hal itu,” tambah dia.

Dalam rapat selanjutnya, Bapemperda akan membahas pada bulan Oktober dan terakhir di Bulan November. Pada rapat yang terakhir itu, sekaligus diparipurnakan, bebernya.

Disamping itu, dalam rapat Bapemperda tersebut, pihaknya juga mengatakan bahwa rapat juga membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang belum selesai dilakukan pada tahun 2020 ini.

Akan tetapi, saat dikonfirmasi terkait Raperda yang belum rampung pada tahun 2020 ini, pihaknya tidak menjawab detail secara pasti Raperda yang mana. Pihaknya hanya menyebut jumlahnya masih banyak.

“(yang belum rampung, red) masih banyak, karena ini keterbatasan dana anggaran. Selain faktor dana, yang kedua disebabkan masalah waktu lantaran adanya wabah pandemi Covid-19. Sehingga perlu disesuaikan. (ADV)