Jeda Sehari; Hari Ini Kembali Melakukan Pemakaman Protokol Covid-19 Lagi

0
569
Pemakaman jenazah almarhumah warga Desa Tambaharjo, Kecamatan Kota Pati yang suspek Covid-19, Selasa (1/9) hari ini.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sempat jeda satu hari, Senin (31/8) kemarin tapi Selasa (1/9) hari ini Tim Pemakaman Protokol Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, harus kembali siaga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Tambaharjo, Kecamatan Kota Pati. Satu lagi seorang perempuan warga desa setempat, tadi pagi diketahaui meninggal di Rumah Sakit Umum (RSU) RAA Soewondo Pati.

Meninggalnya almarhumah yang baru masuk ke RS tersebut Selasa (1/9) dini hari pukul 02.04, berlangsung tadi pagi, tapi disebut-sebut sudah sempat menjalani Swab Test. Dengan demikian,sudah pasti hasilnya belum diketahui, sehingga meninggalnya almarhumah tetap dalam status suspek Covid-19.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, pagi itu juga sekitar pukul 09.00 meninggalnya perempuan suspek Covid-19 itu dibahas di balai desa setempat oleh pihak pemerintahan desa bersama Muspika. Belajar dari kejadian di desa tetangga, Tambahsari, maka semua pihak menetapkan tidak berani spekulasi, yakni jenazah almarhumah tetap dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

Pemakaman jenazah almarhumah warga Desa Tambaharjo, Kecamatan Kota Pati yang suspek Covid-19, Selasa (1/9) hari ini.

Camat Pati Didik Rusduartono, ketika ditanya berkait hal tersebut tidak mengelak, bahwa saat berada di RSU yang bersangkutan sudah menjalani swab test. Akan tetapi pagi harinya meninggal, sehingga pihaknya tetap menegaskan bahwa pemakaman jenazah tetap sesuai protokol Covid-19, karena sangat berisiko jika hal itu disikapi seperti meninggalnya seorang warga di Desa Tambahsari.

Karena pihak pemerintahan Desa Tambaharjo cukup kooperatif, maka pemakaman jenazah almarhumah dilaksanakan bersadarkan protokol Covid-19. ”Bukan seperti di Tambahsari, almarhum diambil paksa dari RSU tapi begitu hasil swab tesnya semalam keluar ternyata positif terpapar virus Covid-19,”tandasnya.

Terpisah Ketua Tim Pemakaman Jenazah Protokol Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Khayun Fulanun SH mengatakan, begitu pihaknya mendapat konfirmasi dari atasannya bahwa harus kembali melaksanaan tugas, maka satu tim pun langsung disiagakan. ”Pemakaman jenazah almarhumah suspek Covid-19 ini berjalan aman dan lancar,”imbuhnya.