Fraksi NKRI Soroti Pentingnya Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah

0
26

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam Rapat Paripurna yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati. Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Pati menyebut bahwa terkait pengelolaan keuangan daerah, kendala yang sering terjadi disebabkan oleh kurangnya materi dan observasi di lapangan.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan dalam penyampaian pandangan umum mengenai usulan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Pati, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut pihaknya menyebut bahwa Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah sebenarnya memang mutlak diperlukan. Hal tersebut menjadi penting mengingat kebutuhan akan sistem pengelolaan keuangan daerah yang lebih efektif dan efisien.

“Selama ini sering kali pengelolaan keuangan daerah menemui permasalahan yang disebabkan oleh kurangnya penguasaan materi yang berujung pada kesalahan kalkulasi dalam hal anggaran,” tutur salah satu anggota Fraksi NKRI.

Maka dari itu, pemerintah diharapkan lebih memperhatikan dan mengimplementasikan penyusunan berbasis kinerja dengan berorientasi terhadap hasil. “Selain itu, merekrut orang-orang yang tepat pada bidangnya, serta menggunakan sistem informasi seperti e-Budgeting tentu akan membuat hal tersebut lebih efisien,” pungkasnya. (ADV)