Fraksi NasDem Sebut Penanganan HIV AIDS Perlu Payung Hukum

0
9

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Pati menyebut bahwa perlu adanya payung hukum yang mengatur pencegahan HIV AIDS mengingat tingginya angka penderita di Kabupaten Pati.

Menurutnya, Selama ini Pemerintah Kabupaten Pati memang telah melaksanakan berbagai upaya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS. Diantaranya melalui pemeriksaan diagnosis, pengobatan dan perawatan, rehabilitasi hingga memaksimalkan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten.

“Namun data per Mei 2020 saja, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menemukan 87 kasus penderita HIV AIDS yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Pati,” ungkap Fraksi NasDem dalam jawabannya yang ditandatangani oleh Ketua Fraksi, Mohammad Ali Mundir, Rabu (16/9/2020).

Lebih lanjut pihaknya mengumpamakan HIV AIDS tidak ubahnya seperti fenomena gunung es, hanya tampak sedikit di permukaan, sementara masih banyak yang belum terindentifikasi di bawah.

“Untuk itu, dengan adanya paying hukum berupa Perda, diaharapkan nantinya mampu menjadi regulasi yang memayungi seluruh kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Pati,” pungkasnya. (ADV)