Dini Hari Tadi, Satu Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

0
501
Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19, Senin (7/9) dini hari tadi dimakamkan di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Pati.
Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19, Senin (7/9) dini hari tadi dimakamkan di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Minggu (6/9) pagi kemarin hingga siang dan sore hari, tiada terdengar kabar meninggalnya warga Pati karena positif terpapar virus Corona (Covid-19). Akan tetapi, pukul 18.15 Tim Pemakaman Jenazah Protokol Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menginformasikan bahwa tim harus melakukan persiapan, karena akan ada pengiriman jenazah terpapar Covid-19 dari Rumah Sakit (RS) Moewardi Solo.

Ditanya berkait hal tersebut, Ketua Tim Pemakaman yang bersangkutan dari BPBD setempat, Khayun Fulanun SH membenarkan hal tersebut. Akan tetapi selang 20 menit kemudian atau sekitar pukul 18.35 ketika hal itu ditanyakan ulang, Khayun Fulanun menyampaikan bahwa pengiriman jenazah perempuan dari RS Moewardi Solo ke Pati masih menunggu informasi lebih lanjut dari RS tersebut.

Sebab, dalam waktu yang bersamaan juga ada jenazah perempuan lainnya dari RS tersebut yang malam itu juga harus dikirim ke Pati, tapi masih dipersiapakan. ”Datang lagi informasi, bahwa jenazah yang pada awal akan diberangkatkan ke Pati dibatalkan, karena ternyata mempunyai keluarga di Solo, dan jenazahnya diminta dimakamkan di Solo saja kerena pertimbangan sesuatu dan lain hal,”ujarnya.

Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19, Senin (7/9) dini hari tadi dimakamkan di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Pati.

Dengan informasi tersebut, lanjutnya, satu pemakaman jenazah yang akan dimakamkan lebih awal ternyata dibatalkan, dan gantinya menyusul pemakaman jenazah berikutnya juga dari RS yang sama. Berita berkait hal itu diterima Tim pukul 22.00, sehingga diperkirakan menempuh perjalanan di malam hari dari Solo ke Pati membutuhkan waktu sekitar tiga jam, karena pada jam-jam tersebut arus lalu lintas lainnya sudah mulai sepi.

Sedangkan untuk mempersiapkan pemakaman tersebut, pihaknya atau tim menuju ke lokasi pukul 23.00, dan menunggu sekitar satu setengah jam, karena pukul 01.00 dini hari jenazah almarhumah sudah tiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan. Sesuai data dan informasi yang diterima pihaknya, almarhumah dilarikan ke RS Moewardi Solo sudah sekitar dua hari lalu.

Minggu siang (6/9) sekitar pukul 14.00, almarhumah meninggal dunia, tapi sebelumnya juga ada jenazah almarhumah lainnya dari Pati yang sedianya juga akan dikirim ke tempat tujuan terakhir tadi malam. ”Atas pertimbangan pihak keluarga yang di Solo, akhirnya jenazah almarhumah itu dimakamkan di Solo, sehingga jenazah almarhumah yang dikirim dari RS Moewardi adalah yang dimakamkan pada Senin (7/9) dini hari di Bungasrejo,”imbuh Khayun Fulanun.