Desa Sumberejo Sosialisasikan Gerakan Pemakaian Masker

0
108
Warga Desa Sumberejo, Kecaatan Jaken, Pati dalam melakukan sosialisasi Gerakan Memakai Masker dilaksanakan bersama jajaran Forkompimcam setempat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dikemas dalam bentuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan dan kawasan pinggir jalan raya Jaken-Jekenan yang masuk wilayah Desa Sumberejo, maka Sabtu (19/9) tadi pagi di desa tersebut berlangsung Gerakan Memakai Masker. Hal itu sebagai bentuk responsif terhadap Peraturan Bupati (Perbub) yang kini tengah digalakkan oleh seluruh jajaran terkait, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa.

Apalagi jika mengingat, Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, adalah merupakan pusat pemerintahan kecamatan setempat, sehingga sudah semestinya pihak desa pun proaktif. Yakni, mengajak seluruh warganya untuk sadar sehingga dalam setiap melakukan kegiatan harus selalu memakai masker, dan juga tak ketinggalan untuk selalu mematuhi penggunaan protokol kesehatan.

Semua itu, kata salah seorang perangkat desa setempat, Zamahsari, ketika ditanya berkait hal tersebut menegaskan, kini desa sudah mengambil langkah bersama warganya untuk mensosialisasikan Gerakan Memakai Masker. ”Dengan demikian, paling tidak hal itu akan diikuti oleh warga lainnya yang kenbetulan melintas di jalan raya setelah melihat kegiatan tersebut,”ujarnya.

Warga Desa Sumberejo, Kecaatan Jaken, Pati dalam melakukan sosialisasi Gerakan Memakai Masker dilaksanakan bersama jajaran Forkompimcam setempat.

Melalui kegiatan tersebut, lanjutnya, baik perangkat desa bersama warga dan jajaran unsur Muspika, mulai dari anggota Polsek, Koramil, pegawai kecamatan semua guyub melakukan kerja bakti bersih-bersih. Di dalam kegiatan tersebut sekaligus dilaksanakan pula sosialisasi Gerakan Memakai Masker, sehingga hal itu dilakukan tidak semata-mata melainkan lebih tepat dalam upaya memberi contoh.

Sebab, jajaran unsur Muspika yang lain dalam kesempatan sama tapi secara terpisah juga melakukan razia terhadap warga yang belum memakai masker. Hal itu dilakukan di pasar hewan setempat dan juga pasar desa, tapi lokasinya memang di pinggir jalan raya Jaken-Pati, sehingga hal itu banyak yang melihat dan mengetahui sehingga paling tidak mereka bisa ikut tergerak melakukan hal yang sama.

Masalahnya, upaya memakai masker ini adalah berkait kepentingan untuk melindungi diri sendiri, dan hal itu juga bukanlah hal yang memberatkan, tapi mengapa hal tersebut tidak diikuti dan diindahkan secara maksimal. ”Karena itu, untuk Desa Sumberejo dalam sosialisasi pemakaian masker ini mengkemasnya dalam bentuk kerja bakti membersihkan lingkungan baik di sekitar balai desa maupun di pinggir jalan raya,”imbuh Zamahsari.