Camat Pati Masih Mengintensifkan Pemantauan Warga Tambahsari

0
861

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki hari ketiga sejak diketahui hasil swab test terhadap salah seorang warga Tambahsari, Kecamatan Pati yang meninggal karena suspek virus Corona (Covid-19), maka Camat Pati, Didik Rusdiartono bersama jajaran Muspika terus mengintensifkan pemantauan terhadap warga setempat. Sebab, sampai saat ini belum bisa dilakukan tracking terhadap warga yang mempunyai riwayat kontak dekat dengan almarhum.

Berkait hal tersebut, paparnya lebih lanjut, pihaknya perlu meluruskan bahwa Kepala Desa (Kades) Tambahsari, bukan tidak memperbolehkan dilakukan tracking. Hanya saja menurut inforasi dari bidan desa ada kendala, yaitu bila pihak Puskesmas mau melaksanakan tracking, BuĀ Kades minta bukti. Yakni, berupa surat tertulisĀ  yang menyatakan almarhum warganya benar-benar meninggal karena Covid.

Selain itu, tim yang melaksanakan tracking harus membawa surat tugas, sehingga hal tersebut pihaknya harus melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas jajaran di atasnya. ”Apalagi, ini adalah kondisi darurat Covid sehingga kami pun sudah menyampaikan hal tersebut kepada Bapak Bupati,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, munculnya kendali ini pihaknya harus melakukan pemantauan terhadap warga lebih intensif lagi, terutama orang-orang yang diperkirakan dan memang mempunyai kontak dekat dengan almarhum. Jika kondisi tersebut ada warga setempat yang juga resah, karena pemerintah dianggap tidak turun tangan, maka secara psikologis adalah hal wajar karena mereka tidak tahu siapa sebenarnya, dan ada atau tidak warga lain yang saat ini terpapar virus Corona.

Jika tracking dilakukan, maka akan terlihat siapa saja orang-orang dimaksud, dan karena hal itu belum bisa dilakukan maka pihaknya mengimbau dan mengingatkan warga untuk lebih berhati-hati. Akan tetapi upaya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan hendaknya jangan sampai diabaikan, seperti membiasakan mencuci tangan setiap selesai melakukan kegiatan.

Selebihnya, juga selalu menjaga jarak dan jangan lupa untuk selalu memakai masker setiap bepergian, apalagi jika melakukan kegiatan yang harus dengan kontak dekat, maka menjaga jarak adalah hal penting yang harus diperhatikan. ”Selebihnya, bila merasakan munculnya gejala sakit segeralah mendatangi Puskesmas,”imbuh Didik Rusdiartono.