Akses Jalan ke TPI Unit II Juwana Harus Memutar

0
77
Persiapan pembesian akses ruas jalan Karangmangu, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana dengan konstruksi rigid beton.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengingat proses peningkatan ruas jalan Karangmangu, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, memasuki tahapan pembesian untuk konstruksi rigid beton, maka saat ini akses ruas jalan menuju ke TPI Unit II Juwana ditutup total. Dengan demikian, dalam keseharian kendaraan angkutan ikan dari selatan yang hendak memasuki kawasan TPI tersebut terlebih dahulu harus memutar.

Tepatnya, mulai dari pertigaan Masjid Bajomulyo ke kiri (barat) kemudian sesampainya di pertigaan jalan desa setempat belok kiri (utara), dan sampai di ujung juga ambil kanan ke selatan menuju ke TPI. Hal itu harus dilakukan , karena akses jalan Karangmangu sepanjang 420 meter yang baru dirigid beton adalah ruas sisi barat yang sampai saat ini belum dibuka, karena masih menunggu umur beton.

Hal tersebut dibenarkan pengawas lapangan pelaksanaan pekerjaan tersebut dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Samijan, ketika ditanya berkait hal itu, Sabtu (26/9) tadi siang. ”Dengan demikian, jika persiapan pekerjaan pembesian dan pengecoran material beton sudah siap maka ruas jalan yang sisi barat baru dibuka,”ujarnya.

Karena itu yang harus dilakukan, lanjutnya, adalah akses jalan masuk ke TPI satu-satunya harus dari utara, sehingga pengecoran material beton harus tuntas dua ruas yang lokasinya tepat di depan gerbang masuk ke TPI. Sedangkan dari ujung selatan upaya pembesian dan pengecorannya akan segera dilanjutkan, agar nanti bisa digunakan akses keluar masuk kendaraan dari selatan yang hendak masuk  maupun keluar TPI.

Tanpa menggunakan rekayasa itu, akses jalan baik dari TPI maupun keluar TPI akan buntu sehingga yang ujung selatan dua ruas dituntaskan, agar kendaraan bisa keluar masuk ke TPI.  Lain halnya jika ruas yang sisi barat sudah dibuka karena material beton K-350 tersebut sudah cukup umur, tapi kendaraan dari utara harus lewat ruas itu untuk menuju TPI, karena yang di ruas sisi timur harus dilakukan pula pembesian.

Berdasarkan kondisi tersebut, paling tidak dalam sepekan pengecoran rigid beton yang dari ujung selatan sudah bisa dilakukan, agar kendaraan bisa keluar masuk dari dan ke selatan. ”Sebab, pekan depan untuk akses jalan Bajomulyo dengan rigid beton juga pasti akan mulai dilaksanakan pekerjaan, di mana tahap pertama adalah pembuatan talut ruas jalan menuju ke kolam tambat kapal tersebut,”imbuhnya.