TPI Unit I Juwana Jangan Dahulu Dibebani Target Setoran

0
25
Tembok penyekat tempat menunggu di lingkungan TPI Unit I Juwana yang diusulkan untuk dibongkar.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam situasi sekarang ini pihak berkompeten di bidang kelautan dan perikanan atau yang lainnya, jangan lebih dahulu membebani target baik dalam pendapatan retribusi lelang maupun raman untuk TPI Unit I Juwana. Sebab, sampai saat ini TPI tersebut secara kondisional memang belum bisa maksimal.

Karena itu, hal yang tahap demi tahap harus  bisa dimaksimalkan selain  upaya pemaksimalan target yang kini tengah dirintis adalah peningkatan kualitas pelayanan. Khusus yang disebut terakhir, tak lain menyangkut pelaksanaan lelang ikan yang memang harus diutamakan karena hal tersebut atau pemasukan setoran retribusinya menjadi sumber pendapatan daerah.

Mengingat hal tersebut, kata Kepala TPI yang bersangkutan, Budi Suprapto didampingi partnernya di lapangan, Suratman, maka dalam mengikuti lelang para bakul ini tidak dibebani biaya apa-apa. ”Hanya saja syartnya sebelum mengikuti persaingan dalam lelang, para bakul ikan yang bersangkutan harus menyetor/menitipkan deposito ke bendahara TPI,”ujarnya.

Tim Aset dari DPPKAD yang mengecek aset TPI setempat tak terpakai.

Hal tersebut, lanjutnya, untuk menghindarkan agar para pedagang yang memenangkan lelang ikan ini tidak harus mempunyai tanggungan kekurangan pembayaran terhadap nelayan. Karena jika hal itu sampai terjadi, dampaknya tentu merepotkan baik bakul yang bersangkutan juga nelayan pemilik ikan dan pihaknya sebagai pnanggung jawab TPI.

Dengan demikian, di satu sisi TPI Unit I memang terus berupaya agar masuki pedagang dari daerah lain untuk mengikuti proses lelang, sehingga harga bisa bersaing. Akan tetapi di sisi lain, prinsip ke hati-hatian juga mensyaratkan peserta lelang tetap harus menitipkan depodsito kepada bendahara, sehingga hal itu sepertinya menjadi syarat yang memberatkan.

Berdasarkan pertimbangan kondisi itu maka syarat agar siapa saja bakul untuk bisa mengikuti lelang, uatamanya adalah ketersediaan uang pembayaran. ”Hal itulah yang terus menerus kami sampaikan dalam penjelasan, selain penataan fasilitas yang juga terus dilakukan penambahan, serta menerima  saran masukan apa yang terbaik untuk pengembangan dan peningkatan TPI Unit I Juwana,”imbuhnya.