Satu Lagi Warga Pati Meninggal Positif Terpapar Covid-19

0
2337
Suasana pemakaman jenazah positif terpapar Covid-19 warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati.(Foto:SN/dok-bpbd-yun)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lagi-lagi warga Kabupaten Pati, Sabtu (22/8) hari ini  kembali  harus menghembuskan nafas terakhir, karena positif terpapar virus Corona (Covid-19). Adapun kali ini yang meninggal dunia adalah seorang laki-laki berusia 63 warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati setelah dirawat di Rumah Sakit (RS) Moewardi Solo selama dua hari.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, sebelum dilarikan dan dirujuk ke RS tersebut, oleh keluarganya bersama petugas dari Puskesmas Sukolilo II  almarhum dirawat di Rumah Sakit (RS) KSH Pati selama ini. Karena kondisi kesehatan almarhum semakin menurun, maka RS yang bersangkutan membawanya ke RS Moewardi Solo.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Puskesmas Sukolilo II, Eny Aristiani SKm ketika ditanya berkait hal tersebut sesusai pemakaman beberapa jam lalu. ”Kalau kami hanya memastikan bahwa almarhum memang positif terpapar Covid-19, dan setelah pihak keluarga membenarkan kami segera mengurus pemakaman sesuai protokol Covid-19,”ujar Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sukolilo, Imam Muhadi, ketika dihubungi secara terpisah hari ini juga.

Suasana pemakaman jenazah positif terpapar Covid-19 warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati.(Foto:SN/dok-bpbd-yun)

Dengan kepastian tersebut, lanjutnya, maka pihaknya segera menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, agar segera dikirim tim pemakaman. Siang hari ini juga tim  langsung bergerak menuju lokasi, yaitu di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo,”paparnya.

Ditanya berkait hal tersebut, personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Kayun Fulannun mengatakan, untuk pemulasaraan jenazah sudah sesuai ketentuan dilakukan pihak RS Mioewardi di Solo. Dengan demikian, sesuai ketentuan setelah jenazah yang diangkut ambulans RS itu tiba di Kedungwinong, langsung menuju ke TPU.

Bertambahnya warga yang meninggal karena positif terpapar Covid-19, maka di bulan ini Agustus Tim Pemakaman BPBD Kabupaten Pati sampai hari ini, Sabtu (22/8) sudah memakamkan jenazah sesuai protokol Covid-19 sebanyak 20 kali. ”Karena itu sesuai imbauan Kepala BPBD Kabuaten Pati, Bapak M Budi Prasetya agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan yang salah satu di antaranya adalah memakai masker,”imbuh Kayun Fulannun.