Mulai Hari Ini ; Memasuki Kawasan Lorong Indah Harus Bermasker

0
139
Masuk Lorong Indah (LI) di Desa/Kecamatan Margorejo, Pati wajib pakai masker.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mulai hari ini bagi siapa saja yang berkunjung atau memasuki kawasan Lorong Indah (LI) di Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo, Pati harus memakai masker. Hal tersebut untuk memenuhi salah satu ketentuan protokol kesehatan di tengah-tengah situasi pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang tidak boleh diabaikan begitu saja, tapi harus dipatuhi demi keselamatan bersama.

Di sisi lain, hal tersebut juga sebagai salah satu upaya menghindarkan agar kawasan LI tidak masuk dalam catatan zona merah sebagai klaster baru penyebar dan penularan Covid-19 di Pati.  Sebab, pemngunjung yang datang untuk mencfari hiburan tentu bisa berasal dari mana saja, sehingga tidak mungkin mencatatnya satu per satu karena cara itu bukanlah hal yang lazim.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, kata Ketua RT Kampung LI, Mastur, pihaknya memberdayakan Pengurus Paguyuban LI agar para induk semang untuk menyampaikan hal tersebut kepada anak-anaknya. ”Yakni, setiap tamu yang memasuki tempat praktik mereka, tanpa terkecuali apa pun kepentingannya harus diingatkan agar memakai masker,”tandasnya.

Suasana di LI saat adanya peraturan wajib memakai masker.

Hal sama, lanjutnya, juga harus dilakukan oleh para pekerja yang berjaga di tempat penitipan kendaraan, karena mereka yang kali pertama bertemu denga para pengunjung sehingga jika melihat mereka tidak bermasker hendaknya diingatkan. Dengan demikian, ketentuannya di tempat penitipan kendaraan adalah yang harus kali pertama mengingatkan, dan berikutnya adalah masing-masing pemilik rumah melalui anak-anak penghuninya.

Melalui upaya tersebut diharapkan, pengunjung jika sudah di luar kawasan LI atau pada kesempatan lain akan menyampaikan kepada yang lain pula, bahwa saat ini untuk berkunjung ke LI harus memakai masker. Jika hal itu secara terus menerus disampaikan, pasti pengunjung pun menyadari akan risiko saat berada di kawasan LI mengingat yang datang ke tempat ini bukan hanya warga dari tempat tertentu melainkan sifatnya adalah umum.

Sekali lagi apa yang dilakukan pengurus Paguyuban LI ini bukan hal latah atau ikut-ikutan melainkan semata-mata demi menjaga keselamatan bersama dengan mematuhi protokol kesehatan, di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19. ”Sebab, kita harus menyadari bersama bahwa virus Corona itu memang benar-benar ada  jika di antara kita sudah ada yang positif terpapar, dan hal itu hendaknya jangan sampai terjadi,”ujarnya.