Mimpi Jadi Presiden di Negeri Laskar Pelangi

0
20

BELUM lama ini, nama Giring Ganesha yang sebelumnya dikenal sebagai pentolan band Nidji tiba-tiba mencuat setelah munculnya papan iklan “Giring untuk Presiden 2024”. Dalam baliho tersebut tidak dijelaskan secara spesifik presiden apa, maka dari sini saya asumsikan Presiden Negeri Laskar Pelangi.

Mengingat jabatan presiden bersifat general bisa presiden negara, presiden organisasi, presiden perusahaan ataupun presiden klub olahraga sehingga saya menganalogikan Giring Nyapres di Negeri Laskar Pelangi.

Namun kali ini Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ternyata mendukung Giring untuk mencalonkan diri sebagai Capres 2024, berarti sepertinya Giring bukanlah ingin mencalonkan diri sebagai Presiden Negeri Laskar Pelangi, tetapi Presiden Republik Indonesia.

PSI begitu yakin dan mendukung penuh Giring sehingga sangat mungkin kepercayaan Giring makin kuat dan makin percaya diri untuk maju di pemilu 2024 sebagai calon Presiden. Padahal sebenarnya masih banyak tokoh-tokoh yang kayak untuk jadi capres selain Giring. Dan nama tokoh tersebut sangat populer di mata rakyat.

Tetapi disini optimisme Giring dan PSI nampak sangat sulit dibendung. Gaya anak muda penuh gairah dengan semangat menggebu-gebu sangat nampak disini. Mereka yakin sejak dini orang muda yang digembleng akan jadi pemimpin yang baik. Begitulah Giring yang digembleng PSI sejak dini agar bisa diandalkan dan dicalonkan. Karena itu keyakinan mereka tak bisa dibendung untuk mencalonkan Giring.

Namun setidaknya seharusnya Giring harus memahami bahwa untuk memimpin Indonesia, optimisme saja tidak akan cukup. Memimpin Indonesia dengan jumlah penduduk 260 jiwa bukanlah hal yang mudah, kalau tidak memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni jangan harap bisa maju, apalagi terpilih.

Lagipula, kenapa PSI tidak mengirim saja Giring pada kontestasi di level Pilkada untuk menjajaki dan menggembleng kecakapannya. Kalau di level daerah ia terbukti bisa terpilih dan berhasil memimpin dengan baik, barulah pertimbangan seperti itu bisa dipikirkan, Tetapi kalau tidak, jangan terlalu bermimpi.

Saya jadi ingat penggalan lirik band Nidji, “Mimpi adalah kunci, untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya,” yahh…mungkin lagu tersebutlah yang telah memantik optimisme Giring dan PSI untuk mendeklarasikan dirinya sebagai seorang calon presiden.