KKN Tim II UNDIP 2020 Adakan Pembuatan Piramida Penduduk Desa Ngurensiti 

0
32

SAMIN-NEWS.com, PATI – Struktur penduduk disuatu wilayah meliputi jumlah, persebaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk selalu mengalami perubahan dari waktu kewaktu dikarenakan proses demografi yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Oleh karena itu struktur penduduk yang dinamis atau senantiasa mengalami perubahan dari waktu kewaktu maka perlu sekali untuk mengetahui komposisi penduduk disuatu wilayah.

Berkaitan dengan itu, Melihat kondisi belum adanya piramida penduduk, maka TIM II KKN Undip 2020 meyampaikan maksud untuk membantu membuatkan serta memberikan pelatihan cara pembuatan piramida penduduk untuk perangkat Desa Nguensiti.

Indra Prasta Radika selaku Kades setempat mengungkapkan gambaran komposisi penduduk dapat memberikan gambaran mengenai pengelompokan penduduk berdasarkan pegelompokkan kriteria tertentu.

“Cakupan wilayahnya dengan luas 271 Ha yang terdiri dari 3 RW dan 22 RT. Total penduduk sebanyak 3.590 dengan rincian 1.797 penduduk laki-laki dan 1.793 penduduk perempuan. Termasuk desa yang cukup luas dan besar,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Piramida penduduk sangat penting untuk kemajuan desa, karena adanya piramida penduduk dapat membantu arah kebijakan pemerintah untuk masalah pembangunan yang akhirnya berguna untuk desa Ngurensiti sendiri, untuk memberikan gambaran singkat tentang informasi kependudukan.

“Banyak informasi yang didapat dari struktur kependudukan sebuah wilayah misalnya mengetahui pertumbuhan penduduk di setiap tahunnya dan memudahkan pemerintah untuk menentukan kebijakan. Piramida sebagai grafik yang menyajikan data penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, dengan pengelompokan klasifikasi tertentu,” tambah dia.

Supaya nantinya ada tansparasi jumlah penduduk berdasarkan umur, pekerjaan dan pendidikan yang terpasang di Balaidesa Ngurensiti sebagai media informasi bagi orang yang berkunjung. Oleh karena itu, Pemdes bekerjasama dengan TIM II KKN Undip 2020 untuk mendata penduduk berdasarkan KK terbaru.

“Setelah data terkumpul, TIM II KKN Undip mengolah data tersebut serta memberikan pelatihan kepada perwakilan perangkat desa bagian pemerintahan tentang cara pembuatannya,” imbuhnya

KKN TIM II Undip juga memberikan modul pembuatan piramida penduduk supaya nantinya di tahun berikutnya bisa digunakan sebagai acuan untuk pembuatan piramida penduduk yang baru. Luaran atau output dari piramida penduduk ini berupa poster yang kemudian dipasang di balaidesa sebagai media informasi bagi masyarakat setempat.