Ibu Dua Anak Meninggal Positif Covid-19

0
743
Suasana pemakaman oleh Tim Pemakaman Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Jumat (21/8) sore tadi di Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus,Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI  – Jumat (21/8) hari ini menyusul meninggal dunia karena positif terpapar virus Corona (Covid-19), adalah seorang perempuan, warga Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus, Pati. Jenazah almarhumah, ibu dua anak itu sekitar pukul 15.30 WIB dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat sesuai protokol pasien Covid-19.

Untuk pemulasaraan jenazah berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, sudah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku oleh salah satu pihak rumah sakit (RS) swasta di Pati. Sebab, almarhumah dalam sepekan terakhir ini adalah tercatat sebagai pasien yang harus menjadi penghuni ruang isolasi rumah sakit itu.

Sedangkan untuk pemakaman sesuai protokol Covid-19, dilakukan oleh Tim Pemakaman Jenazah positif maupun suspek virus penyakit tersebut dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten. ”Kami belum mengtetahui, pasien itu berasal dari rumah sakit mana karena tugas kami adalah harus siap di TPU Desa Bogitanjung, Kecamatan Gabus,”ujar salah seorang dia antara anggota tim itu.

Suasana pemakaman oleh Tim Pemakaman Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Jumat (21/8) sore tadi di Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus,Pati.

Dengan demikian, lanjutnya, ketika jenazah almarhumah yang dibawa ambulans itu sampai di pinggir jalan di luar makam, terlebih dahulu anggota tim melakukan penyemprotan disinfektan baik pada peti jenazah maupun bagian dalam mobil ambulans. Sesudah tahapan itu selesai dilakukan, maka empat orang membawa masuk peti jenazah ke dalam kompleks makam dan mendekati liang lahat.

Berikutnya persiapan memasukkan peti jenazah ke dalam lubang makan, kemudian menimbunnya seperti biasa. ”Selesai itu kami pun ikut mendokan jenazah almahumah karena pada akhir pemakaman memang ada pihak keluarga dan modin yang mendoakan,”imbuh petugas yang bersangkutan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dusun (Kadus) Bogotanjung, Kecamatan Gabus, Pati, Suyono, ketika dihubungi berkait hal tersebut membenarkan, bahwa warganya yang sudah sepekan dirawat dan berada di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) KSH Pati, memang dinyatakan positif terpapar Covid-19. ”Kami memang yang mengurus sejak almarhumah masuk rumah sakit, dan saya tanyakan langsung kepada salah seorang dokter tapi tidak saya tanyakan siapa namanya, bahwa almarhumah hasil swab test-nya positif,”paparnya.